Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaDoa Populer Melindungi Dari Varian Baru Covid-19 Serta Melapangkan Rezeki

Doa Populer Melindungi Dari Varian Baru Covid-19 Serta Melapangkan Rezeki

Bogordaily.net – Pandemi Covid-19 seakan tak ada ujungnya. Allah Ta'ala sedang menguji keimanan dan juga ketakwaan. Jangan lelah berdoa karena ini menjadi senjata terbaik.

Media-media massa telah memberitakan munculnya varian baru dari Covid-19. Bahkan, si varian baru yang menyebar lebih cepat, itu telah masuk ke negeri kita.

Sebagai seorang muslim masih memiliki satu senjata untuk selamat dari virus Covid-19 dan juga agar kondisi ekonomi kita tetap terjaga di tengah keadaaan saat ini.

Ada salah satu yang shahih dari Rasulullah, untuk meminta serta diselamatkan dari penyakit.

Thariq bin Asy-yam radhiyallahu ‘anhu berkata, “Apabila seseorang masuk Islam, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan shalat kemudian memerintahkannya untuk berdoa dengan kalimat-kalimat ini:

Allahummaghfirlii Warhamnii Wahdinii Wa'afinii Warzuqnii

(Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, tunjukilah aku, selamatkanlah aku, dan berilah aku ).” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 2697]

Dalam riwayat Muslim yang lain dari Thariq disebutkan bahwa ia mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam didatangi oleh seorang lelaki. Ia berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimana aku berkata ketika aku sedang meminta kepada Rabbku?”

Beliau menjawab, “Ucapkanlah: Allohummaghfirlii Warhamnii Wa'aafinii Warzuqnii.

Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, selamatkanlah aku, dan berilah aku ).” Maka sesungguhnya ini semua menyatukan untukmu dunia dan akhiratmu.”

Berikut beberapa faedah hadist di atas seperti dikutip dari Rumaysho.

– Menunjukkan pentingnya shalat karena termasuk rukun Islam yang paling penting setelah dua kalimat syahadat.

– Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam semangat dalam mengajarkan kebaikan pada manusia.

– Ketika seseorang masuk Islam, maka hendaklah ia diajarkan shalat dan diajarkan ini.

– Keutamaan meminta ampunan dari segala dosa pada Allah.

– Mengakui dosa-dosa sebab datangnya rahmat Allah.

– Keutamaan meminta rahmat Allah yaitu agar diperoleh kasih sayang Allah. Karena manusia barulah meraih kesempurnaan jika ia selamat dari berbagai kesusahan dan meraih kebahagiaan yang ia cari-cari.

– Keutamaan meminta hidayah, yaitu berupa petunjuk ilmu sekaligus amal.

– Keutamaan meminta keselamatan dari berbagai penyakit. Penyakit itu ada dua macam yaitu penyakit badan dan penyakit hati.

Penyakit hati ini tentu saja lebih parah dari penyakit badan karena jika seseorang tertimpa penyakit hati maka kerugiaan di dunia dan akhirat sekaligus akan menimpa dirinya.

– Keutamaan meminta yaitu agar dimudahkan oleh Allah dan untuk memperolehnya sehingga tidak sampai lalai dari melakukan ketaatan.

itu ada dua macam yaitu yang bisa menegakkan badan dan juga bisa untuk menguatkan hati.

Menguatkan badan yaitu melalui makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Menguatkan hati yaitu melalui ilmu bermanfaat dan amalan shalih. Permintaan tersebut mencakup dua macam ini.

– Keutamaan meminta kebaikan di dunia dan akhirat sekaligus, bukan hanya dunia saja karena kebahagiaan hakiki adalah kebahagiaan di akhirat kelak.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here