Friday, 29 March 2024
HomeBeritaGus Baha : Jadilah Kere Aktif dalam Syariat Allah

Gus Baha : Jadilah Kere Aktif dalam Syariat Allah

Bogordaily.net – KH Bahauddin Nur Salim atau bercerita bahwa sewaktu KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) dalam keadaan kere atau miskin.

mendapat cerita bahwa ketika istri Mbah Moen menyampaikan tidak ada beras, tapi Mbah Moen tetap mengajar.

Selain cerita itu, juga menceritakan bahwa ketika Mbah Abdullah Salam hendak mengajar, kemudian dikasih tahu oleh istrinya bahwa di rumah tidak ada beras. “Pak, ndak ada beras.” Kemudian Mbah Abdullah Salam menjawab, “Lah apa hubungannya dengan aku mau ngajar?”. Tidak ada.

Bahkan ketika merasakan hidup melarat selama 5 tahun di Yogyakarta, tidak pernah tidak mengajar. Jika waktunya mengajar, ya tetap ngajar. Sebab, menurut , keadaan melarat atau miskin dengan urusan mengajar itu tidak ada hubungannya.

“Lah orang-orang yang di bawah tol itu apa pernah ngajar? Buktinya melarat banget. Paham ya?,” kata memberikan pemisalan.

juga melihat bagaimana masyarakat sekarang memiliki statemen yang menurut Gus Baha ngawur: ‘sekarang udah nikah, jangan ngaji, mikir ekonomi'.

“Apa yang tidak ngaji terus kaya? Yang miskin ya tetap miskin. Jadi tidak ada hubungannya miskin dengan ngaji,”

Sebab menurut Gus Baha, orang miskin yang tidak ngaji juga sangat banyak. Meskipun yang ngaji tapi miskin juga sangat banyak. Tetapi, lanjutnya, lebih baik orang yang miskin tetap ngaji daripada miskin tidak ngaji.

“Kalau begitu ya lebih baik ngaji meskipun miskin dapat pahala. Jangan sampai sudah miskin tidak dapat pahala. Lah ini namanya kere aktif itu bagus dalam Allah.”

“Jadi ngaji ini mudah-mudahan barokahnya ngaji ini jangan sampe kere fasik, tapi kere… aktif,” tegas Gus Baha.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here