Banjir Hewan Ternak Jelang Idul Adha, Momen Empuk Pencuri

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian, Rabu 10 Agustus 2022 Profil Irjen Ferdy Sambo, Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Kota Bogor Diramalkan Cerah Berawan, Rabu 10 Agustus 2022 E-KTP Jadi Syarat Beli Rokok? Terkini! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Selasa 9 Agustus 2022

Headline · 30 Jun 2021 16:00 WIB

Banjir Hewan Ternak Jelang Idul Adha, Momen Empuk Bagi Pencuri


 Hewan ternak kerbau dan kambing yang banyak diperjualbelikan menjelang Hari Raya Idul Adha. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Hewan ternak kerbau dan kambing yang banyak diperjualbelikan menjelang Hari Raya Idul Adha. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Menjelang Hari Raya Idul Adha, ditandai dengan banyaknya yang menjual hewan ternak untuk disembelih seperti kerbau dan kambing. Namun, hal tersebut justru menjadi momen empuk bagi para pencuri hewan.

Baru-baru ini, pencurian hewan ternak kerbau dan kambing membuat warga Desa Harkatjaya dan Desa Kiarapandak Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor geger lantaran banyak hewannya yang hilang.

Warga yang geger disebabkan adanya kabar pencurian hewan ternak kerap kali terjadi sehingga membuat resah warga. Karena itu, warga setempat pun berjaga-jaga dengan dilakukannya ronda di malam hari.

Di himpun dari beberapa sumber, salah satu warga sekaligus Ketua RT 03/11 Kampung Babakan Tajur Desa Harkatjaya Uus mengatakan bahwa, sering terjadinya pencurian hewan ternak mulai dari kambing ataupun kerbau di kampungnya.

Akan tetapi, hak tersebut seringkali gagal lantaran warga setempat segera memergoki aksi si pelaku pencurian.

“Beredarnya berita tersebut, para warga melakukan kembali ronda tiap malam untuk mengamankan desa dari tindak kejahatan. Terutama dari tindakan jahat dari para maling. Apabila terjadi kasus kriminal, kami tak tanggung-tanggung langsung melaporkan ke pihak kepolisian,” ujar Uus pada Selasa, 29 Juni 2021.

Sementara itu, Kapospol Sukajaya Aiptu, Kosasih menyatakan bahwa, laporan warga terkait adanya pencurian hewan ternak, di wilayah Desa Harkat Jaya dan sekitarnya memang seringkali terjadi.

“Adanya kejadian pencurian tersebut, kami akan selalu sigap menggiatkan kembali sistem keamanan lingkungan atau siskamling di setiap desa di wilayah Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Guna mencegah semakin maraknya aksi pencurian di desa itu,” ungkap Kosasih.

Kemudian, ia pun mengungkapkan bersama Danposmil Sukajaya akan terus menghimbau kepada masyarakat, untuk selalu melakukan siskamling di malam hari agar mengantisipasi aksi pencurian agar di setiap desa tetap kondusif.

“Kejadian pencurian hewan yang marak terjadi apalagi disaat pandemi Covid-19, saya meminta masyarakat tak hanya menghidupkan kembali ronda malam. Namun tetap mengingat akan waspada penularan Covid-19 dan tetap menaati aturan protokol kesehatan,” tegas Kosasih.

Tak hanya itu, Kosasih pun berharap masyarakat tidak segan melaporkan informasi mengenai tindak kejahatan dan kriminalitas yang terjadi di setiap wilayahnya.***

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Seekor Buaya Muncul di Kali Cisadane, Remaja Hendak Diterkam

10 Agustus 2022 - 17:17 WIB

buaya kali cisadane

Komisi 3 DPRD Kabupaten Bogor, Sidak Proyek Peningkatan Jalan Cikeas-Bojong Nangka

10 Agustus 2022 - 15:31 WIB

Jalan Cikeas-Bojong Nangka

TP-PKK Kabupaten Bogor Kembali Turun Ke Desa Lakukan Monev Lomba

10 Agustus 2022 - 07:09 WIB

monev

Plt. Bupati Bogor Serahkan Asuransi AUTP, KUR, dan RJIT Kepada Petani di Cariu

10 Agustus 2022 - 05:51 WIB

AUTP

Soal Kesaksian di Kasus Ade Yasin, Pengamat: Ihsan Diduga Korban Pemerasan BPK

9 Agustus 2022 - 19:24 WIB

Bis MGI Terbakar di Tol Ciawi, Ini Penjelasan Damkar

9 Agustus 2022 - 19:19 WIB

Bus terbakar
Trending di Kabupaten Bogor