Friday, 26 April 2024
HomeBeritaKupas Tuntas Penanganan Nyeri Bersama RS Azra Kota Bogor

Kupas Tuntas Penanganan Nyeri Bersama RS Azra Kota Bogor

Bogordaily.net – Rumas Sakit (RS) Azra Bogor mengupas secara tuntas secara akurat dan kronik di Health Talk bersama Dokter
Spesialis Anastesi RS Azra, dr. Puja Laksana M, Sp.An., FIPM pada Selasa 15 Juni 2021.

Nyeri yang berkepanjangan akan menimbulkan gangguan rasa nyaman dan aktivitas, sehingga akan menurunkan produktivitas dan kualitas hidup anda.

yang dimiliki setiap orang berbeda-beda tergantung dari sumbernya. Nyeri pada tubuh dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu gaya hidup seperti pergerakan yang ekstrim, usia, riwayat autoimun,” ujar dr. Puja Laksana M, Sp.An., FIPM.

dr. Puja Laksana M, Sp.An., FIPM menjelaskan bahwa, yang berkepanjangan memerlukan penanganan khusus yang komprehensif yang ditangani oleh dokter spesialis nyeri yang berkompeten.

yang komprehensif bisa mulai , dengan penggunaan obat (medikamentosa) dan tindakan intervensi nyeri.

Tidak berhenti sampai disitu, tindakan selanjutnya akan dirujuk ke rehab medik karena membutuhkan excercise rehab medis, untuk mengembalikan ruang gerak sendinya atau yang biasa disebut pengobatan tanpa obat (non medikamentosa).

Penanganan nyeri
Dokter Spesialis Anastesi RS Azra, dr. Puja Laksana M, Sp.An., FIPM dan Kepala Humas dan Marketing RS Azra, dr. Yunesti Nugraheni Tyaswati pada Health Talk, Selasa 15 Juni 2021.(Istimewa/Bogordaily.net)

Oleh karena itu Klinik Nyeri berkerjasama dengan bagian lain. Tindakan intervensi nyeri pada
umumnya diberikan kepada pasien yang memiliki diagnosa Oseteoartritis, nyeri sendi bahu, tendon otot yang robek parsial dsb.

Fungsi tindakan tersebut untuk meregenerasi struktur yang rusak. akan hilang tergantung dari penyebab tersebut.

“Sebagai contoh, seperti yang terjadi ditelapak tangan karena adanya saraf yang terjepit di pergelangan tangan, nyeri tersebut tidak membutuhkan waktu terlalu lama berbeda dengan rasa nyeri karena ligamen yang sobek di lutut sehingga memerlukan 2-3 bulan,” paparnya.

dr. Puja Laksana M, Sp.An., FIPM juga menjelaskan mencegah rasa nyeri dapat diatur pada makanan yang kita konsumsi, hindari mengonsumsi makanan yang dapat menaikan berat badan, sehingga menambahkan beban untuk sendi-sendi tubuh seperti makanan tinggi kalori semacam kacang-kacangan.

Perbanyak mengonsumsi buah-buahan golongan berries atau mangga, untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi.

“Jika rasa nyeri tak kunjung hilang, segera konsultasikan ke dokter spesialis atau dapat berobat ke klinik nyeri, yang dimana salah satunya akan diberikan tindakan intervensi,” ungkapnya.

Sehingga mengurangi mengonsumsi obat-obatan anti nyeri secara terus menurus, yang dapat mengakibatkan efek samping pada ginjal dan lambung.

RS Azra juga mempunyai Klinik Nyeri fokus hanya akut dan kronik, yang menimpa siapa saja tanpa memandang usia, jenis kelamin maupun status sosial.

Klinik Nyeri RS Azra dapat melayani nyeri kepala seluruh atau satu sisi, nyeri bahu, nyeri pergelangan tangan atau kaki, nyeri punggung bawah dengan atau tidak menjalar ke tungkai bawah. Lalu nyeri sendi, nyeri otot, nyeri saraf terjepit, dan nyeri kanker.

dr. Puja Laksana M, Sp.An., FIPM berpraktik di RS Azra pada hari Senin, Kamis, Jumat pukul 19.00 – 21.00 WIB, dan dengan perjanjian Selasa, Rabu pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Health Talk dilaksanakan di Instagram live yang bertemakan ” Mengenal Klinik Nyeri: Layanan yang Berfokus dalam Akurat dan Kronik” dan dipandu oleh Kepala Humas dan Marketing RS Azra, dr. Yunesti Nugraheni Tyaswati.

Health Talk ini merupakan salah satu program reguler Rumah Sakit Azra yang bertujuan untuk, mengkampanyekan pentingnya budaya hidup sehat di media sosial.

Melalui program ini diharapkan masyarakat dapat peduli dan sadar pentingnya menjaga kesehatan pada tubuh.

Acara ini ditonton sekitar 138 viewers yang sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan pada topik ini. Terlihat ketika sesi tanya jawab dibuka oleh moderator, banyak sekali viewers yang mengajukan pertanyaan. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here