Wednesday, 1 May 2024
HomeNasionalLagi, Pertamina Dapat “Harta Karun” Berupa Ini…

Lagi, Pertamina Dapat “Harta Karun” Berupa Ini…

BOGORDAILY- Direktur Utama PT Geothermal Energy (PGE) Ahmad Yuniarto mengatakan pihaknya mendapatkan mandat untuk mendayagunakan sumber panas bumi di 15 wilayah kerja (WK) yang mempunya kapasitas terpasang 672 Mega Watt.

“Ini yang dioperasikan sendiri, kemudian yang dioperasikan melalui join operation program 1.200 MW,” ujarnya dalam Energy Corner CNBC Indonesia dengan tema ‘Harta Karun Terbesar yang Diabaikan', Senin (14/6/2021).

Lebih rinci dia menjelaskan bahwa, seluruh wilayah kerja geothermal tersebut memiliki fase-fase yang berbeda. “Kami mempunyai WK yang masih berada di fase eksplorasi dan WK sudah berada di fase pemanfaatan produksi penuh,” jelasnya.

Pada tahapan eksplorasi setidaknya ada 2 WK yang menjadi fokus PGE dalam mencari membuktikan potensi panas bumi di wilayah baru. Kedua WAK tersebut berada di Seulawah dan Sulawesi Utara.

“Tahun ini kami menyiapkan kajian-kajian dan survei, geofisika, geologi, dan tahun depan bersiap melaksanakan pengeboran sumur eksplorasi,” jelasnya.

Dia menegaskan bahwa ada potensi geothermal sebesar 2,9 gigawatt di wilayah kerja PGE. Ini yang membuktikan bahwa potensi PGE sangat besar karena baru 672 MW yang dioperasikan sendiri dan 1,2 GW joint operation, yang baru tergarap.

 

Penulis: CNBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here