Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaPancasila Lahir Sebagai Nilai-Nilai Kepribadian Bangsa Indonesia

Pancasila Lahir Sebagai Nilai-Nilai Kepribadian Bangsa Indonesia

Bogordaily.net – Setelah melalui proses yang panjang, nilai-nilai telah melalui pematangan sehingga tokoh-tokoh saat akan mendirikan negara , menjadikan sebagai .

Dalam pembukaan UUD 1945 tercantum nilai-nilai . Hal ini bahwa telah disepakati sebagai nilai yang dianggap paling tinggi kebenarannya, secara historis kehidupan bangsa tidak dapat dilepaskan dari nilai-nilai .

Sedangkan secara kultural Pancasila sebagai kepribadian dan jati diri bangsa merupakan pencerminan dalam kehidupan sehari-hari, yang dapat memperkukuh dan menyaring nilai-nilai yang masuk dari luar sehingga dapat memperkukuh kepribadian .

Tujuan pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, berfungsi mengembangkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat untuk mengembangkan kemampuan serta meningkatkan kehidupan dan martabat manusia Indonesia dalam rangka mewujudkan tujuan nasional.

Dengan demikian lahirnya Pancasila 1juni merupakan titik awal bagi Indonesia sebagai bangsa yang bermoral, berkarakter, memiliki nilai luhur terhadap sejarah bangsanya.

Sebagai generasi penerus bangsa mari kita terus memperkaya nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman tanpa menghilangkan tujuan, cita-cita, historis, kultural, sejarah bangsa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here