Monday, 17 June 2024
HomeBeritaPemkab Bogor Realisasikan Program Pancakarsa di Megamendung

Pemkab Bogor Realisasikan Program Pancakarsa di Megamendung

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan merealisasikan program andalan yakni, di Kecamatan Megamendung.

tersebut merupakan lima keinginan atau cita-cita dari Bupati Bogor, untuk pembangunan dan pertumbuhan bagi selama lima tahun.

Bupati Bogor akan melakukan lima program di Kecamatan Megamendung meliputi, Bogor Berkeadaban, Bogor Membangun, Bogor Maju, Bogor Cerdas, dan Bogor Sehat.

Hal tersebut pada saat kegiatan Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Megamendung pada Rabu, 23 Juni 2021.

“Program di Kecamatan Megamendung salah satunya yakni Bogor Berkeadaban. Nantinya akan dilakukan pemberian insentif bagi para pelaku pembangunan. Diantaranya guru ngaji sebesar Rp 2,4 juta per tahun, Linmas Rp 3,6 juta per tahun, tunjangan Posyandu Rp 1 juta per tahun, Insyaallah tahun depan rencananya akan dinaikan,” ungkap pada Rabu, 23 Juni 2021 di Megamendung, .

Ade Yasin menambahkan, berikutnya insentif untuk RT dan RW sebesar Rp 6 juta per tahun, guru madrasah Rp 3 juta per tahun, guru paud atau RA Rp 2,4 juta per tahun, amil Rp 2,4 juta per tahun, penyuluh agama honorer Rp 2,4 juta per tahun.

Tak hanya itu, akan dilaksanakan pula program Boling, Jumling, program 1.000 hafidz Qur'an, serta beasiswa Pancakarsa untuk para hafidz dan siswa berprestasi.

“Kemudian, untuk Bogor Membangun akan dilakukannya perbaikan IPAL komunal atau penambahan jaringan sambungan rumah Desa Sukaresmi, pembangunan IPAL skala permukiman tematik kemiskinan Desa Sukakarya, serta pembangunan infrastruktur air minum Pamsimas di Desa Cipayung Girang,” papar Ade Yasin.

Di Desa Sukaresmi juga akan dibangun prasarana dan sarana air minum, TPT Cibogo dan Sukaresmi, pemeliharaan Jalan Cipayung dan fungsi jaringan irigasi, pembangunan jembatan rawayan Curug Panjang, rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 12 unit, program samisade, dan membangun fasilitas wifi gratis.

“Pada Bogor Maju, dilakukan pembentukan 7 UPT dan layanan 3 in 1. Layanan antar e-KTP, KK, KIA, Akta, dan lain-lain bekerjasama dengan kantor Pos, membangun Graha Pancakarsa dan Career Center, pengembangan Bumdes, mengadakan festival wisata desa, serta melaksanakan Program Bela Beli Produk UMKM,” jelas Ade Yasin.

Lanjut, Ade Yasin menyatakan bahwa pada Bogor Cerdas, di Kecamatan Megamendung dilakukannya rehabilitasi bertingkat mulai dari SDN Sukabirus, SDN Sukagalih 3, SMPN 2. Rehab kelas SDN Pasirangin 01, serta Revitalisasi kelas SDN Cipayung Girang 1.

“Pengadaan mebeuler pun akan dikerahkan melalui Bantuan provinsi (Banprov) untuk SDN Cipayung 03, SDN Gadog 01, SDN Pasirangin 01, SDN Sukagalih 04. Pembangunan UGB atau USB SMPN 3. Pengadaan mebeuler untuk SMPN 1 dan SMPN 2,” ucap Ade Yasin.

Selain itu, pada program Bogor Cerdas juga akan diberikannya Kartu Bogor Cerdas (Bodas) dalam menunjang kegiatan pemenuhan kegiatan belajar mengajar.

Kemudian, memberikan beasiswa putra dan putri berprestasi, PKBM santri salafiyah serta Program Kejar Paket C.

“Program Pancakarsa yang kelima yakni Bogor Sehat, akan dilakukan perbaikan IPAL Puskesmas Megamendung, membagikan Kartu Bogor Sehat atau JKN, peningkatan gizi, ketahanan pangan serta melaksanakan Gerakan Bogor Anti Stunting guna menekan kegagalan pertumbuhan anak akibat asupan gizi yang kurang mencukupi. Serta pelayanan Bogor Siaga,” pungkas Ade Yasin.

Pada kegiatan Boling, tak hanya dilakukan oleh Bupati Bogor yang turun langsung, hadir juga pada Boling tersebut, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Ketua Komisi A DPRD Usep Supratman, dan beberapa Kepala Perangkat Daerah. Kegiatan Boling juga dilakukan secara online bersama seluruh lapisan Kepemerintahan .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here