Sunday, 19 May 2024
HomeBeritaPresiden Jokowi : Vaksin Sinovac Boleh Untuk Anak Berusia 12 Tahun Ke...

Presiden Jokowi : Vaksin Sinovac Boleh Untuk Anak Berusia 12 Tahun Ke Atas

Bogordaily.net – Upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19 salah satunya dengan dilakukannya vaksinasi dengan vaksin yang sudah diperbolehkan untuk anak usia 12 tahun ke atas.

Sebelumnya, hanya untuk anak yang sudah berusia 18 tahun ke atas. Namun, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin yang menyatakan bahwa tersebut aman digunakan untuk anak 12 tahun.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim bahwa melalui perizinan yang dikeluarkan BPOM, anak-anak berusia 12 tahun hingga 17 tahun bisa segera mendapatkan .

“Vaksinasi khususnya pada sinovac untuk anak-anak usia 12 tahun ke atas sudah diperbolehkan dan bisa segera dimulai,” ucap Presiden Jokowi.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga bersyukur jika Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin jika Sinovac dinyatakan aman untuk disuntikkan kepada anak-anak.

“Kita juga bersyukur BPOM telah mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency us authorization untuk Sinovac yang dinyatakan aman digunakan anak usia 12 sampai 17 tahun,” ujar Jokowi dalam Youtube Sekretariat Presiden, Senin 28 Juni 2021.

Poin lainnya yang disoroti BPOM untuk memberikan izin untuk usia anak 12-17 tahun yakni seiring meningkatnya lonjakan kasus Covid-19 dari kalangan anak-anak.

BPOM pun menyebut bahwa angka kematian yang disebabkan Covid-19 pada anak mencapai 30 persen di rentang usia 10-18 tahun.

“Data epidemiologi Covid-19 di Indonesia menunjukkan mortalitas tinggi pada usia 10-18 tahun sebesar 30 persen,” tulis surat pernyataan dari BPOM yang dikutip dari Detik.

Di samping itu, Jokowi mengemukakan, dalam menekan penyebaran Covid-19 diperlukan kerja keras bersama. Semua pihak pun jangan ragu untuk divaksinasi dan tetap menaati protokol kesehatan.

“Untuk itu saya mohon pada semuanya untuk tidak ragu divaksinasi. Tak lupa tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan sekali lagi saya ingatkan tinggalah di rumah selama tidak ada kebutuhan yang mendesak,” ujarnya.

Maka dengan adanya izin tersebut, vaksinasi bisa diberikan mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia biisa segera dimulai untuk lebih menekan penyebaran Covid-19.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here