Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaRSUD Ciawi Semakin Terdepan Layani Masyarakat

RSUD Ciawi Semakin Terdepan Layani Masyarakat

SOBAT (SIAP ANTAR OBAT)

RUMAH Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi kembali melakukan inovasi di bidang kesehatan. Direktur Kabupaten Bogor, dr. M. Tsani Musyafa, Sp.OT me-launching Program SOBAT (Siap Antar Obat) pada 8 Juni 2021 di Poliklinik Lantai 2 Gedung D. Selain direktur, acara ini juga dihadiri Wadir Pelayanan Kabid Medik Kasie Yanbang, Kasie Jangmed dan Ka Ins Farmasi beserta Ka. Ins Rawat Jalan.

Tsani mengatakan, program ini merupakan pelayanan jasa ekspedisi antarobat di . Pelayanan ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat menikmati layanan kesehatan, termasuk mengurangi antrean pengambilan obat di rumah sakit milik pemerintah daerah. Jangkauan layanan SOBAT bisa mencapai seluruh Kabupaten Bogor, dengan kecepatan waktu dan tetap aman.

Terkait keunggulan layanan ‘SOBAT', di antaranya pasien bisa langsung istirahat di rumah tanpa harus menunggu obat selesai, tak perlu men-download aplikasi, obat dikemas menggunakan plastik segel 1x pakai, sehingga terlindungi dan terjaga kerahasiaannya dalam pengiriman obat. Lalu, obat disimpan dalam boks khusus untuk melindungi dari sinar matahari langsung dan air hujan.

Selain itu, Layanan Medikay ini menggunakan kurir milik sendiri bukan dari pihak ketiga, metode pembayaran mudah, bisa cash, COD saat obat diterima maupun lewat Dompet Digital. Tarif yang sangat ekonomis dari layanan sejenis. Pasien menerima resi dan notifikasi via SMS saat pengiriman obat. Proses pengirimannya 1-2 jam setelah dipickup kurir serta kemudahan dalam menghubungi customer service terkait Layanan Medikay.

VAKSINASI TENAGA KESEHATAN

berhasil melaksanakan vaksinasi nakes di lingkungannya. Total nakes yang mengikuti vaksin tahap 1 adalah 1.033 orang dan 1.002 orang mengikuti vaksinasi tahap 2 dari total sasaran vaksin sebanyak 1.058 orang.

Terdapat selisih dari total sasaran dikarenakan adanya karyawan yang gagal vaksinasi setelah melalui tahap screening pravaksinasi. Di antaranya seperti kondisi kesehatan tidak fit, sasaran dengan komorbid yang belum layak vaksin, ibu hamil serta penyintas yang belum berjarak tiga bulan.

Sementara untuk karyawan yang belum mengikuti vaksinasi akan dilakukan setelah Mei 2021. Sasaran yang memperoleh vaksin di lingkungan , termasuk petugas keamanan (security), petugas kebersihan (cleaning service) dan petugas parkir. Sebab, mereka ikut bersinggungan dengan karyawan, pasien dan pengunjung.

PDKT (PODCAST KESEHATAN TERKINI)

Kebutuhan akan informasi dan kemudahan akses semakin meningkat seiring kemajuan teknologi informasi akhir-akhir ini. Apalagi di masa pandemi Covid 19, pengembangan metode promo dan edukasi yang mudah diakses dan dipahami, terutama dalam memahami materi edukasi yang disampaikan narasumber melalui metode daring menjadi kebutuhan mendesak. Beberapa metode edukasi dan promo online dengan sistem syncronized (tatap muka online) dan unzyncronized (tatap muka offline) sudah banyak dikembangkan.

Metode tatap muka online banyak dilakukan menggunakan berbagai platform, seperti webex, zoom dan google meet. Metode tersebut memungkinkan pasien berinteraksi langsung dengan dokter. Dokter pun dapat menjelaskan edukasi dan pasien bisa dapat memberikan komentar atau pertanyaan (konsultasi).

kini mempunyai program podcast yang dinamakan PDKT yaitu Podcast Kesehatan Terkini . Ada sebutan khusus untuk pendengar podcast ini, yaitu HEALTHIZEN. Sebutan ini untuk masyarakat yang mengikuti dan menyimak info yang diberikan .

PDKT merupakan hasil kolaborasi dari beberapa bagian seperti Unit Pemasaran dan Kerjasama (UPK), Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Instalasi Diklat (pendidikan dan pelatihan) dan Instalasi SIM RS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) yang diketuai dr Ajeng Normala, Sp.OG.

PDKT ini disiarkan secara langsung melalui akun sosial media RSUD Ciawi, seperti Instagram, Facebook dan Youtube dengan jadwal penayangan program rutin dua minggu sekali. PDKT ini juga bertujuan mengedukasi tentang kesehatan dan mempromosikan layanan kesehatan yang dimiliki RSUD Ciawi kepada Healthizen dan Civitas Hospitalia RSUD Ciawi.

KEGIATAN RAMADAN DI ERA ADAPTASI KEBIASAAN BARU RSUD CIAWI

Ramadan 1442 Hijriah atau 2021 terasa berbeda. Pasalnya, umat muslim harus menjalankan kembali ibadah berpuasa di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 pada tahun kedua. Ramadan adalah bulan untuk memperbanyak amalan ibadah.

Agar ibadah Ramadan tetap lancar, rangkaian kegiatan tersebut tentu harus dibarengi usaha menjaga kesehatan supaya tubuh bugar dan produktif. RSUD Ciawi pun menyelenggarakan berbagai kegiatan yaitu KAMAR dan SABUSA yang dapat dinikmati di sosial media Instagram, Youtube dan Facebook.

KAMAR adalah Kajian Materi Ramadan yang diselenggarakan kerja sama Instalasi Promosi Kesehatan RS (PKRS), Unit Pemasaran dan Kerja Sama (UPK) dan Unit Pelayanan Rohani (UPR) RSUD Ciawi yang menampilkan kajian-kajian agama Islam dengan durasi 5 menit yang tayang setiap hari selama Ramadan.

Sementara SABUSA yakni Program Sajian Buka Puasa yang diselenggarakan kerja sama Instalasi Promosi Kesehatan RS (PKRS), Unit Pemasaran dan Kerja Sama (UPK) dan Instalasi Gizi RSUD Ciawi yang menyajikan menu buka puasa sehat dan dapat disajikan secara praktis di bulan puasa. Untuk jam tayang SABUSA dijadwalkan setiap Sabtu dan Minggu pada pukul 16:00 di sosial media RSUD Ciawi. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here