Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaBuka Sosialisasi SPBE, Dedie Minta Maksimalkan Integrasi di Lingkup OPD

Buka Sosialisasi SPBE, Dedie Minta Maksimalkan Integrasi di Lingkup OPD

Bogordaily.net – Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim membuka forum smart city dalam rangka () di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor di Hotel Sahira Kota Bogor, Rabu 23 Juni 2021.

Dalam penerapan di lingkup Pemkot Bogor, Dedie A Rachim mengatakan, hal yang paling utama adalah terkait dengan integrasi semua kepentingan di tingkat OPD dalam satu wadah dan struktur kegiatan yang efektif serta efisien.

“Jadi jangan lagi ada pemborosan-pemborosan. Jangan di masing-masing OPD itu merasa punya kewenangan dalan membangun sistem. Jadi dikelola oleh satu badan yang memiliki kompetensi dan kapasitas yang memadai,” kata Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim.

Sehingga, sambung Dedie, hasil yang dicapai bisa lebih terukur dan lebih real. Apalagi terkait dengan pendataan hingga penyampaian informasi kepada khalayak luas. Jangan sampai, masing-masing instansi memiliki ego sektoral yang tinggi.

“Semua ingin punya server, semua ingin punya aplikasi, tetapi standarnya berbeda-beda. Akibatnya data bocor karena tidak secure. Hal itu berbahaya sebetulnya dan akan sulit mengoreksinya,” katanya.

Dedie menjelaskan, konsep dalam penerapan ini bisa betul-betul parameternya bisa dipenuhi.

“Begitupun dengan indikator yang harus dan bisa dipenuhi untuk menunjang penerapan tersebut,” jelasnya.

Berbicara smart city, Dedie juga menyinggung bagaimana adanya perubahan perilaku. Transformasi dari kebiasaan manual, menjadi lebih digital dan elektronik. Jangan sampai kemudian nyaman dengan kebiasaan manualisasi.

“Ini salah satu langkah yang harus kita perbaiki. Bagaimana nanti grand desain dan rencana kerjanya seperti apa, sehingga betul-betul bisa terwujud sesuai dengan harapan kita,” harapnya.

Sebagai penutup, Dedie juga meminta, konsep dengan visi misi pimpinan daerah juga bisa selaras, bukan hanya tentang pelayanan kepada publik.

“Karena biar bagaimanapun, langkah pimpinan daerah merupakan sebagian dari antisipasi perkembangan di masa depan,” pungkasnya. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here