Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaStrategi McDonald's, BTS Meal Berpotensi Picu Cluster Baru

Strategi McDonald’s, BTS Meal Berpotensi Picu Cluster Baru

Bogordaily.net – Puluhan ojek online mendatangi McDonald's Semplak, Bogor pada Rabu, 9 Juni 2021 hingga membuat kerumunan. Hal tersebut merupakan imbas dari pesanan menu Meal, yang ramai diorder warga dengan strategi pemasarannya yang epic. Dikhawatirkan kerumunan yang terjadi dapat memicu cluster Covid-19.

Terkait strategi pemasarannya, seorang Pakar Marketing, Yuswohady menilai fenomena yang baru saja terjadi disebut dengan .

Perusahaan makanan cepat saji seperti McDonald's itu memanfaatkan basis dari fans fanatik , agar produknya laris.

“Ini namanya . McD ini mau branding dengan , memanfaatkan basis fans itu untuk selling,” kata Yuswohady dikutip Merdeka pada Rabu, 9 Juni 2021.

Yuswohady yang menggeluti bidang Marketing menerangkan, strategi yang digunakan untuk memasarkan produk Meal juga menggunakan cara “stormenthing consumer” yakni menyiksa pembeli. Hal tersebut terlihat dari produk yang diperjualkan memiliki edisi terbatas.

“Tentu dengan begitu para fans berburu edisi khusus itu. Apalagi, pembelian produk ini hanya bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni melalui drive thru, online delivery dan order delivery berbasis aplikasi,” ujarnya.

Tak lain tak bukan, dengan tujuan agar eksklusif, bikin orang penasaran karna persediaannya terbatas

Menu terbaru yang diluncurkan McDonald's berkolaborasi dengan boyband ternama asal Korea Selatan , hanya tersedia mulai dari jam 11 pagi di seluruh Indonesia.

Ketentuannya hanya bisa dipesan online, membuat terjadinya kerumunan dan membuat pemesan seperti driver ojek online banyak yang mengantri.

“Khusus untuk Meal ini, mulai Rabu, 9 Juni 2021 pukul 11.00. Bisa dibeli lewat drive thru di seluruh restoran McDonald's, dengan harga semuanya beserta minuman ukuran medium dibandrol Rp 45 ribu tapi belum kena pajak. Kalau sudah kena pajak, harganya Rp 50 ribu bagi yang memesan drive thru,” tutur Associate Director of Marketing McDonald's Indonesa, Caroline Kurniadjaja yang dikutip dari Kompas, 9 Juni 2021.

Selain drive thru, McDonald's Indonesia juga melayani pemesanan via delivery, GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

“Untuk BTS Meal kami memutuskan tidak menjual di restoran langsung, dine in maupun take away karena kami mengutamakan keselamatan dan juga kesehatan untuk konsumen maupun karyawan,” kata Caroline.

Perlu diakui, kehadiran menu terbaru yakni McNuggets dengan dua saus spesialnya, apalagi dengan kemasan desain khusus dan berwarna lilac sangat aesthetic bagi siapapun termasuk penggemar BTS.

BTS Meal kini terlihat mendapatkan sambutan yang sangat besar di Indonesia.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here