Tuesday, 30 April 2024
HomeBerita998.400 Dosis Vaksin Bantuan dari Jepang untuk Indonesia

998.400 Dosis Vaksin Bantuan dari Jepang untuk Indonesia

Bogordaily.net – Indonesia kembali kedatangan Covid-19 produksi . Kali ini datang sebanyak 998.400 dosis, Kamis (1 Juni 2021).

ini merupakan bantuan dari Pemerintah Jepang dalam rangka mendukung penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Seperti dilansir dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. tiba sekitar pukul 16.02 WIB.

Rencananya akan didistribusikan ke daerah di level tiga dan empat untuk selanjutnya dapat diberikan kepada masyarakat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Jepang terhadap pengendalian Covid-19 di Tanah Air.

Menurutnya, perhatian ini merupakan salah satu wujud kedekatan hubungan antar kedua bangsa.

“Terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Duta Besar Jepang, Pemerintah Jepang dan seluruh rakyat Jepang atas perhatian dan bantuannya untuk membantu pengiriman ke Indonesia,” kata Menkes.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menyebutkan bahwa bantuan ini merupakan hasil dari komunikasi intensif antara Menlu Indonesia dan Menlu Jepang.

Di mana perbincangan diantara keduanya fokus pada isu doses sharing vaccine atau berbagi dosis.

Dari perbincangan keduanya, Pemerintah Jepang sepakat untuk memberikan 2,1 juta dosis yang akan dikirimkan dalam dua tahap.

Sebagai tindak lanjut, pada 29 Juni 2021 Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta sepakat untuk menandatangani exchange of note, yang menandai kerjasama untuk penanggulangan Covid-19.

“Indonesia berterima kasih kepada Pemerintah dan masyarakat Jepang yang telah bersedia berbagi untuk melakukan doses sharing dan mendukung secara konkrit upaya penanganan pandemi di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi menyampaikan apresiasinya terhadap upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pihaknya menilai pemerintah telah melakukan upaya optimal untuk melindungi seluruh masyarakat Indonesia.

Oleh karenanya, melalui bantuan ini, dirinya berharap bisa membantu Indonesia menekan laju penularan Covid-19 serta mempererat kemitraan antar kedua negara.

Dengan tambahan pasokan vaksin yang tiba hari ini, maka total vaksin Covid-19 produksi mencapai 9.226.800 dosis.

“Saya berharap vaksin yang diberikan hari ini bisa mendukung upaya pemerintah Indonesia dan tenaga kesehatan,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here