Wednesday, 17 April 2024
HomeBeritaBST Belum Juga Cair, Warga Pangkas Biaya Kebutuhan Sehari-hari

BST Belum Juga Cair, Warga Pangkas Biaya Kebutuhan Sehari-hari

Bogordaily.net – Bantuan sosial tunai (BST) atau tahap lima dan enam untuk periode Mei-Juni 2021 belum juga dicairkan.

Bantuan sebesar Rp 300.000 per kepala keluarga per bulan ini rencananya baru akan dicairkan pada minggu ketiga Juli 2021. Sejumlah warga pun mengeluhkan keterlambatan pencairan dana bantuan tersebut.

Seperti yang dirasakan Nur Anggraini (27), misalnya. Warga , Jakarta Timur, ini mengaku sangat kesulitan mencukupi kebutuhan hidup keluarganya.

Setelah lepas dari pekerjaannya akibat pandemi Covid-19 akhir tahun lalu, Nur mengandalkan penghasilan suami dan bantuan dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Lumayan ngerasa kesulitan karena sekarang yang kerja cuma suami aja kan. Aku dirumahkan karena pandemi, otomatis pemasukan berkurang tapi pengeluaran enggak berkurang, malah lebih. Jadi bantuan yang telat turunnya udah pasti berasa sulitnya,” kata Nur Jumat 16 Juli 2021.

Untuk menyiasatinya, Nur harus memangkas biaya kebutuhan kekuarga dalam satu bulan. “Dengan cara mangkas biaya kebutuhan sih, kayak uang makan tiap minggu dijatah enggak lebih dari Rp 400.000, terserah deh mau makan cuma pake tahu tempe doang kek, pokoknya uang makan segitu,” ujar Nur. “Terus kalau beli kebutuhan pokok bener-bener difilter, cuma yang memang diperluin aja,” lanjutnya.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here