Friday, 3 May 2024
HomeBeritaCatat Yuk, Minuman Herbal yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Catat Yuk, Minuman Herbal yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Bogordaily.net – Minuman herbal bisa menjadi salah satu cara agar kamu tidak mudah terserang flu, batuk ataupun demam. Selain meningkatkan imun, minuman berbahan alami ini juga dapat menghangatkan tubuh.

Berikut minuman herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh:

1.

dianggap sebagai antibiotik alami. Beberapa studi di bidang medis mengklaim bahwa bekerja efektif dalam menghangatkan tubuh.

juga bermanfaat mengurangi sakit tenggorokan. Penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi Curcumin yang memberi warna khas pada serta dapat membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga.

Curcumin juga bisa menjadi makanan penambah imun, berdasarkan temuan dari penelitian pada hewan dan antivirus.

Tambahkan ke dalam masakan atau bisa juga campurkan sedikit potongan ke dalam susu cair, didihkan kembali bersama susu, aduk-aduk dan minum selagi hangat.

2.

Teh yang menggunakan campuran dan cengkeh sangat membantu dalam mencegah flu dan dapat menghangatkan tubuh.

Selain itu, kamu bisa juga merebus dua atau tiga dalam secangkir air yang ditambah dengan satu sendok madu.

Minum sebelum tidur untuk menghangatkan tenggorokan serta dapat juga melancarkan pernapasan.

Bumbu yang memiliki rasa pedas campur pahit ini memiliki banyak manfaat lainnya, antara lain mengurangi kejang perut dan rematik.

Dapat juga mencegah mual, menghilangkan bau badan dan menyembuhkan radang amandel.

Aroma wangi dari kapulaga juga dipercaya dapat membuat tubuh lebih relaks.

3. Jahe

Minuman herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh yang selama ini sudah banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia sebagai jamu adalah jahe. Minuman rebusan jahe memang kaya akan manfaat.

Sebuah studi di BMC Complementary and Alternative Medicine menemukan bahwa, jahe dapat membantu mengatasi gejala menstruasi yang buruk bagi wanita.

Dalam penelitian siswa yang mengonsumsi kapsul 500 mg bubuk akar jahe tiga kali sehari selama lima hari, mengalami lebih sedikit rasa sakit saat menstruasi dibandingkan mereka yang tidak.

The Journal of Pain menemukan manfaat ini bahkan dapat diterjemahkan ke dalam peningkatan kinerja atletik dan bantuan dari rasa sakit setelah latihan.

Mengonsumsi hanya dua gram jahe, dipanaskan atau mentah, setiap hari selama 11 hari mengurangi rasa sakit.

Jahe juga sering direkomendasikan untuk flu dan sains mendukungnya. Studi di Journal of Ethnopharmacology menunjukkan, jahe memengaruhi produksi lendir saluran napas untuk mencegah perlekatan virus.

4. Kayu Manis

Kayu manis dapat merangsang sirkulasi darah sehingga badan terasa lebih hangat, dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di masa pandemi Covid-19 ini.

Satu sendok makan bubuk kayu manis dan satu sendok makan madu yang dicampur dengan air hangat dapat menyegarkan kondisi tubuh, sekaligus mengurangi rasa dingin.

Rempah yang memiliki aroma yang sangat khas ini juga dapat dicampur dengan jahe untuk mengatasi masuk angin.

5. Cengkeh

Minuman herbal untuk meningkatkan kekebalan tubuh berikutnya adalah dengan bahan cengkeh.

Cengkeh dapat digunakan untuk mengobati masalah pernapasan dan mengatur suhu tubuh.

Tambahkan dua atau tiga cengkeh ke dalam sup atau teh untuk mengobati batuk. Selain itu, mengunyah cengkeh dapat mengatasi radang tenggorokan dan menghilangkan bau badan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here