Friday, 19 April 2024
HomeBeritaGaswat Dah! Uni Emirat Arab Resmikan Kantor Kedutaan Besar di Israel

Gaswat Dah! Uni Emirat Arab Resmikan Kantor Kedutaan Besar di Israel

BOGORDAILY- secara resmi membuka kantor Kedutaan Besar di Kota Tel Aviv, Israel, Rabu, 14 Juni 2021. Uni Emirat menjadi negara pertama di Teluk yang bekerjasama dengan Israel. Duta Besar untuk Israel terlihat gembira karena ada sejumlah kesempatan dagang dan investasi dengan Negara Bintang Daud tersebut yang bisa mendekatkan hubungan kedua negara.

dan Bahrain sudah menormalisasi hubungan dengan Isreal pada tahun lalu di bawah kesepakatan “Abraham Accords” yang digagas oleh Amerika Serikat di bawah pemerintahan Donald Trump. Sudan dan Maroko pun menyusul memulihkan hubungan bilateral dengan Israel.

Pembukaan kantor Kedutaan Besar ini buntut dari dibukanya kantor Kedutaan Besar Israel di pada bulan lalu.

“Sejak normalisasi hubungan, untuk pertama kalinya kami mendiskusikan soal kesempatan dibidang perdagangan dan investasi,” kata Duta Besar untuk Israel Mohamed Al Khaja seperti dilansir tempo.com.

Duta Besar Al Khaja mengatakan kedua negara sudah menanda-tangani sejumlah kesepakatan di beberapa bidang, diantaranya ekonomi, perjalanan udara, teknologi dan budaya. Presiden Israel Isaac Herzog menyerukan pembukaan kantor Kedutaan Besar di Israel adalah sebuah terobosan dalam perjalanan kedua negara menuju masa depan, kemakmuran dan keamanan di Timur Tengah.

“Melihat bendera akhirnya berkibar di Tel Aviv adalah hal yang diimpikan sejak tahun lalu. Tidak ada yang bisa sealami dan normal ini,” kata Presiden Herzog. (bdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here