Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaIDI Sarankan Rontgen Untuk Pasien Isolasi Mandiri

IDI Sarankan Rontgen Untuk Pasien Isolasi Mandiri

Bogordaily.net – Ketua Tim Satuan tugas (Satgas) Covid-19, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) prof. dr. Zubairi Djurban mengungkapkan bahwa penyebab banyaknya pasien Covid-19 yang sedang  melakukan isolasi mandiri (Isoman) dunia.

Menurutnya prof. dr. Zubairi, kondisi itu dikarenakan pasien sebenarnya sudah bergejala berat tetapi tidak bisa dirawat di rumah sakit karena sudah penuh.

“Banyak pasien dengan keluhan berat tidak bisa masuk ke rumah sakit. Artinya, tidak 100 persen pasien Covid-19 itu sebenarnya boleh isoman begitu saja,” kata prof. Zubairi dikutip dari tulisannya di Twitter pribadinya, Minggu (18 Juli 2021).

Ia juga menambahkan bahwa pasien Covid-19 yang boleh isoman seharusnya memiliki dengan kondisi normal juga saturasi baik.

“Jadi, perlukah orang yang isolasi mandiri itu di-? Ya perlu. Sebab, kalau ditemukan pada dirinya, maka perawatannya akan beda total,” ucapnya

Sebelumnya, Tim Koalisi Warga LaporCovid-19 mencatat ada 451 pasien Covid-19 yang dunia saat isolasi mandiri karena terlambat mendapatkan pertolongan atau tidak terpantau dengan baik oleh pemerintah.

Dicatat bahwa Jawa Barat menjadi provinsi dengan jumlah pasien Covid-19 isolasi mandiri yang dunia terbanyak.

Co-Inisiator LaporCovid-19 Ahmad Arif mengungkapkan data ini didapat dari laporan warga melalui sistem pelaporan online serta pemberitaan media yang sudah terverifikasi.

“Ini data sementara yang kami temukan. Sampai tadi malam (Minggu, 11Juli), ada 451 pasien isoman yang terlacak dan terlaporkan di berbagai daerah di Indonesia,” kata Arif dalam jumpa pers virtual, seperti dikutip dari Suara, Senin (12 Juli 2021).

Ratusan korban tersebut berasal dari 12 provinsi dan 62 kabupaten/kota yang terlacak. Jawa Barat menjadi provinsi yang paling banyak pasien saat isoman yakni, sebanyak 160 orang, Kota Bekasi 61 korban, dan Sleman 44 korban.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here