Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaKamukah Salah Satunya, Dari Lima Sifat Agung Wanita Shalehah

Kamukah Salah Satunya, Dari Lima Sifat Agung Wanita Shalehah

Bogordaily.netPerempuan adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang mulia. Dalam Islam, kedudukan dinilai agung karena Islam sangat menjaga harkat serta martabat seorang .

Kemuliaan ini bahkan disebutkan oleh Rasulullah SAW, yang artinya: ”Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah yang shalehah.”

Kategori shalehah pada tentu ada standar dan ketentuannya. Keshalehan dari seorang akan dinilai sempurna bila memenuhi agung maupun ciri berikut ini.

Pendakwah Habib Jamal bin Thoha Ba'agil menyampaikan empat Agung dari shalehah.

Pertama, yakni menjaga shalat lima waktu. Ciri shalehah yang pertama tentunya dapat dilihat dari seberapa dekat ia dengan Allah SWT.

Wanita yang shalehah tentu akan senantiasa mendirikan shalat lima waktu dengan khusyu' tanda dirinya beriman kepada Allah Yang Menciptakan dirinya.

Tidak ada sesuatu yang mampu membuatnya lalai dari beribadah kepada Allah SWT.

Poin pertama ini tak mudah ditemukan, kita banyak melihat wanita Muslimah namun hanya sebagian yang shalehah.

Wanita yang setiap bulannya akan mengalami fase haid ini yang terkadang membuatnya terlena akan waktu untuk tak segera mensucikan diri lalu mendirikan shalat.

“Penyakitnya wanita, shalatnya malas, haid sudah selesai tetapi masih tidak shalat. Berasalan seolah masih haid padahal dia tau dia suci,” kata Habib Jamal bin Thoha Ba'agil.

Kedua, taat kepada suaminya. Seorang wanita Muslimah selalu menjaga ketaatannya kepada suaminya.

ketiga adalah yang mampu menjaga lisannya. Sebagaimana yang kita tahu, wanita jauh lebih banyak berbicara dibandingkan dengan pria.

Tidak sedikit yang tak bisa menjaga lisannya dengan membicarakan orang lain atau mengadu domba.

Hal ini sangat ditentang oleh Allah SWT karena merupakan perilaku yang tercela.

Dikatakan bahwasanya banyak wanita yang banyak terpeleset masuk ke neraka hanya perkara lisannya yang tak bisa ia jaga.

Keempat, yang tidak suka bergelimang harta. Harta merupakan salah satu kenikmatan dunia yang didambakan oleh setiap orang.

Memiliki banyak uang tak hanya menjamin kehidupan yang akan selalu terpenuhi kebutuhannya, namun juga dapatg mewujudkan apapun yang diinginkan.

Wanita yang shalehah yang pastinya tidak semata-mata menomorsatukan perihal harta. Wanita yang sholehah akan selalu bersikap zuhud.

Yakni yang menjadikan hidupnya di dunia sebagai modal untuk memperkaya dirinya nanti ketika di akhirat.

Kelima yakni bersabar. Wanita memang dianugerahi perasaan yang lembut karena itu wanita lebih mudah untuk mengekspresikan perasaan.

Ia mudah memperlihatkan emosionalnya yang tak sedikit mengarah pada kurangnya rasa sabar dalam menghadapi suatu hal, seperti misalnya tertimpa musibah.

Berapa banyak wanita yang menangis sampai berteriak histeris saat diberikan ujian atau kehilangan sesuatu.

Hal ini tentunya kurang baik karena ciri wanita shalehah adalah yang mampu bersikap sabar dan tabah menghadapi segala ujian hidup.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here