Keren! Kapal Umsini Disulap Pelni Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

Menu

Mode Gelap
Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian, Rabu 10 Agustus 2022 Profil Irjen Ferdy Sambo, Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Kota Bogor Diramalkan Cerah Berawan, Rabu 10 Agustus 2022 E-KTP Jadi Syarat Beli Rokok? Terkini! Ini Lokasi Simling Kota Bogor, Selasa 9 Agustus 2022

Headline ยท 27 Jul 2021 15:55 WIB

Keren! Kapal Umsini Disulap Pelni Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19


 PT Pelni (Persero) sedang mempersiapkan Kapal Motor Umsini sebagai tempat isolasi apung pertama bagi pasien covid-19 di Makassar. (Istimewa/Bogordaily.net Perbesar

PT Pelni (Persero) sedang mempersiapkan Kapal Motor Umsini sebagai tempat isolasi apung pertama bagi pasien covid-19 di Makassar. (Istimewa/Bogordaily.net

Bogordaily.net – PT Pelni (Persero) sedang mempersiapkan Kapal Motor Umsini sebagai tempat isolasi apung pertama bagi pasien covid-19 di Makassar.

“Ini dilakukan menindaklanjuti permintaan Walikota Makassar untuk menggunakan kapal Pelni sebagai tempat isolasi apung skala kota melihat lonjakan kasus covid-19 di Kota Makassar,” kata Dirut Pelni (Persero) Insan Purwarisya L Tobing Insan, dikutip dari Antara, Rabu (21 Juli 2021).

Ia mengatakan KM Umsini yang kini tengah berhenti beroperasi untuk sementara waktu atau portstay akan difungsikan untuk menjadi lokasi isolasi bagi pasien covid-19 tanpa gejala (OTG) hingga pasien bergejala ringan.

Insan menjelaskan selama digunakan sebagai lokasi isolasi apung, Kapal Umsini akan berlabuh di sekitar Pulau Lae Lae.

KM Umsini memiliki daya tampung untuk 804 pasien dan 60 tenaga kesehatan yang disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Jumlah tersebut sesuai dengan kebijakan 50 persen dari kapasitas kapal sehingga protokol kesehatan di atas kapal tetap terlaksana.

Kru kapal yang bertugas di atas kapal juga akan diganti (rolling) setiap dua minggu sekali.

Selama kegiatan isolasi di atas kapal berlangsung, Pelni akan menyediakan beberapa fasilitas umum seperti tempat tidur, poliklinik, dan jogging track.

Akses menuju deck atas akan diberikan sehingga dapat dimanfaatkan oleh pasien sebagai area terbuka untuk berjemur dan berolahraga.

KM Umsini merupakan salah satu dari 26 kapal penumpang yang dioperasikan oleh Pelni dan menyinggahi Makassar dalam rute pelayarannya.

Kapal berkapasitas 2000 pax ini memiliki rute reguler Kijang – Tanjuk Priok – Surabaya – Makassar – Maumere – Larantuka – Lewoleba – Kupang (PP).

Selama masa PPKM Darurat berlangsung, KM Umsini termasuk salah satu kapal yang melakukan portstay akibat dari penutupan sejumlah wilayah.

“Sebelum kembali dipergunakan untuk melayani pelayaran reguler, perusahaan memastikan akan dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan secara menyeluruh hingga kapal siap untuk beroperasi kembali,” katanya.***

Artikel ini telah dibaca 3 kali

 
Baca Lainnya

Bharada E Beberkan Nama-nama Polisi yang Diduga Terlibat

7 Agustus 2022 - 17:40 WIB

Catat! Jadwal Siaran Langsung MotoGP Inggris 2022

7 Agustus 2022 - 17:28 WIB

MotoGP Belanda 2022

Wajib Tahu! 3 Hal Penting Sebelum Rafting!

5 Agustus 2022 - 15:19 WIB

Hap! BNNK Bogor Ungkap 10 Kasus Narkotika Selama Januari-Juli 2022

5 Agustus 2022 - 14:20 WIB

Viral, Bukti Kwitansi Berobat ke Gus Samsudin Bayar Rp10 Juta

3 Agustus 2022 - 20:32 WIB

Mahasiswa IUQI Angkatan Ke 33 KKM di Desa Pangradin

3 Agustus 2022 - 14:43 WIB

Trending di Kabupaten Bogor