Tuesday, 14 May 2024
HomeBeritaRakor Bersama Gubernur, Ade Yasin : Bogor Gercep Bantu Warga Terpapar Covid-19

Rakor Bersama Gubernur, Ade Yasin : Bogor Gercep Bantu Warga Terpapar Covid-19

Bogordaily.net – Bupati Bogor, Ade Yasin Mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Daerah Provinsi Jawa Barat secara virtual di Pendopo Bupati, Senin (12 Juli 21).

Rakor yang merupakan arahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dihadiri juga oleh Dandim 0621, Wakil Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan Negeri, perwakilan Polres Bogor dan Lanud ATS serta jajaran .

Dalam Rakor tersebut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memberi Arahan, bahwa total kasus hari ini sekitar 80.000 kasus.

Sementara yang dirawat kurang hanya bisa 20.000 kasus, berarti ada 60.000 yang di rumah.

Jadi mayoritas pasien Covid di Jawa Barat itu sedang isolasi mandiri (). Dirinya meminta perhatikan warga yang sedang .

Ridwan Kamil mengatakan bahwa pemerintah pusat akan perkuat pemberian obat gratis kepada warga tidak mampu.

Ridwan Kamil meminta para Walikota dan Bupati agar segera berkoordinasi untuk memberikan data-data dimanakah pasien-pasien yang menjalani berdasarkan nama berdasarkan alamatnya.

Sementara itu, TNI sudah ditugaskan dalam pertengahan minggu ini, juga untuk memberikan obat gratis kepada warga yang sedang .

Kang Emil menambahkan, bahwa kasus kematian yang melonjak, yang meninggalnya berada di rumah saat cukup tinggi.

“Oleh karena itu, saya titip kepada Walikota dan Bupati, pastikan aparat RT dan RW nya agar lebih gesit untuk memeriksa apakah kondisi membaik atau memburuk,” pintanya.

“Saya titip juga kepada Kapolda agar rutin mengecek kondisi warga yang sebagai patroli rutin agar kesehatan yang seharusnya tidak menjadi memburuk. Saya harap negara lebih proaktif, karena hampir 70% masyarakat positif yang dirawatnya bukan di rumah sakit melainkan di rumah,” sambungnya.

Bupati Bogor Ade Yasin menjelaskan setelah selesai Rakor, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dirinya berkeliling ke rumah warga untuk memberikan bantuan berupa sembako kepada warga yang terdampak pandemi.

Ade Yasin juga memberikan semangat dan bantuan yang diperlukan kepada masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Melalui program Bogor Gerak Cepat (), siap membantu warga yang terpapar Covid dan sedang melakukan di rumah.

“Kami mengoptimalkan pelayanan dengan menyediakan layanan call center gawat darurat di setiap desa. Satgas covid di tingkat desa pun saya instruksikan untuk aktif memantau kondisi warganya terutama yang sedang melaksanakan isoman,” ujar Ade Yasin.

Kemudian untuk mempercepat vaksinasi, telah dilakukan vaksinasi massal serentak di 40 kecamatan dengan target 2.000 per kecamatan. Hari ini total 80.000 vaksinasi yang telah dilaksanakan di seluruh Kabupaten Bogor.

Antusias masyarakat untuk melakukan vaksinasi Covid-19 cukup tinggi. Mereka sudah mengerti manfaat dari vaksin Covid-19 itu.

Vaksin selain dapat melindungi diri sendiri juga membantu melindungi orang lain dari paparan Covid-19, serta dapat mengurangi risiko perburukan ketika terpapar covid-19.

“Sampai sore ini sudah selesai dilaksanakan di masing-masing kecamatan, tapi kita akan kembali melakukan secara rutin setiap hari Senin dan Rabu Kamis akan ada vaksinasi massal di Pakansari,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here