Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaTiga Juta Dosis Vaksin Moderna Akan Diprioritaskan Untuk Nakes

Tiga Juta Dosis Vaksin Moderna Akan Diprioritaskan Untuk Nakes

Bogordaily.net – Sebanyak 3.000.060 vaksin Moderna dari Amerika Serikat tiba minggu kemarin di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Nantinya tersebut akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ketiga atau booster.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin memberikan dukungan dari rakyat dan Pemerintah Amerika Serikat yang telah membantu program vaksinasi Indonesia dengan mengirimkan Moderna.

Rencananya selain secara khusus akan digunakan untuk booster suntikan ketiga bagi para tenaga kesehatan Indonesia. tersebut juga digunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi masyarakat.

“Tenaga kesehatan mengalami tekanan yang luar biasa terutama di gelombang kedua dari penularan pandemi ini, sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal,” kata Budi dalam keterangan resmi yang dilansir dari website Kementerian Kesehatan, Senin (12 Juli 2021).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan tiga juta Moderna merupakan hasil hubungan kerjasama internasional dari pemerintah Amerika Serikat melalui jalur multilateral COVAX Facility.

“Ini merupakan pengiriman tahap pertama vaksin modern dari pemerintah Amerika Serikat. Vaksin Moderna yang berbasis MRNA ini telah mendapatkan Emergency Use Autorization dari Badan POM pada 2 Juli 2021,” kata Retno.

Amerika Serikat berkomitmen memberikan sharing vaksin kepada Indonesia berjumlah 4.500.160 yang akan dikirim bertahap.

Mekanisme sharing atau berbagi vaksin adalah bagian dari mekanisme multilateral untuk memastikan akses setara terhadap vaksin untuk semua negara.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here