Friday, 26 April 2024
HomeBeritaWajib Baca! Kucing, Ternyata Rentan Tertular Covid-19

Wajib Baca! Kucing, Ternyata Rentan Tertular Covid-19

Bogordaily.net – Hal-hal tentang -19 masih banyak dibicarakan di media sosial. Salah satunya adalah penularan virus corona melalui kucing.

Dilansir dari Mirror UK, para ilmuwan telah memperingatkan orang yang dinyatakan positif -19 untuk menghindari kontak dengan hewan peliharaannya.

Peringatan tersebut merujuk pada sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda. Dalam hal ini, peneliti konsern kepada orang yang dinyatakan positif -19 dan memiliki peliharaan dan kucing.

Dalam penelitian itu, diketahui bahwa ketika anjing dan kucing berada satu rumah dengan orang yang dinyatakan -19, kedunya menunjukkan adanya gejala.

Meski demikian, gejala yang diperlihatkan sangat berbeda, sehingga dapat disimpulkan bahwa kucing lebih rentan terpapar -19.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa anjing mengalami gejala berupa kekurangan energi dan kehilangan nafsu makan, serta beberapa mengalami batuk dan diare.

Berbeda sekali dengan kucing yang mengalami kesulitan dalam bernapas, hidung meler, bahkan ada yang mengalami gejala parah.

Dr. Els Broens dari Utrecht University menjelaskan bahwa perhatian utama dari hewan peliharaan adalah potensi risiko hewan itu menjadi reservoir virus.

“Namun, perhatian utama bukanlah kesehatan hewan. Mereka tidak memiliki atau gejala ringan -19. Tetapi potensi risiko bahwa hewan peliharaan dapat bertindak sebagai reservoir virus dan memperkenalkannya kembali ke populasi manusia,” ucap Dr. Els.

Terdapat pula penelitian lain yang juga menyajikan sampel anjing dan kucing. Sampel 156 anjing dan 154 kucing di Ontario, Kanada.

Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kucing yang tidur di tempat tidur pemiliknya memiliki kemungkinan yang lebih untuk terkena -19.

Prof. Dorothee Bienzle dari the University of Guelph in Canada menjelaskan bahwa jika seseorang dinyatakan positif -19, maka dia akan memiliki kemungkinan besar untuk menularkannya kepada hewan peliharaan.

Menurut Prof. Dorothee, yang paling rentan terkena adalah kucing, terutama ketika dia tidur di tempat tidur pemiliknya.

“Kucing, terutama yang tidur di tempat tidur pemiliknya, tampaknya sangat rentan. Jadi, jika Anda positif -19, saya sarankan Anda menjaga jarak dari hewan peliharaan Anda, dan jauhkan dari kamar tidur Anda,” katanya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here