Friday, 19 April 2024
HomeBerita300 PKL di Kawasan Puncak Kibarkan Bendera Putih

300 PKL di Kawasan Puncak Kibarkan Bendera Putih

Bogordaily.net – Sebanyak 300 Pedagang Kali Lima (PKL) di Kawasan Kabupaten Bogor, mulai mengibarkan , sejak Kamis 5 Agustus 2021.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Kelompok Sadar Wisata (Kopdarwis) , Teguh Mulyana.

“Ada sekitar 300 PKL atau pelaku usaha mulai dari kuliner, oleh-oleh hingga warung ikut serta dalam aksi pengibaran ,” ucapnya.

Pengibaran dilakukan sebagai tanda menyerah terhadap pandemi Covid-19, serta aturan PPKM yang ditetapkan pemerintah.

“Ini merupakan bentuk pesan bahwa kami menyerah dengan keadaan PPKM Level 4. Agar mengerti bahwa ekonomi lumpuh total, tidak asa pedagang, tidak ada pengunjung. Semakin ke sini, para pedagang kesulitan untuk bertahan karena tidak mendapatkan nafkah, ” kata Teguh yang biasa disapa Bowie.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang mengaku telah gulung tikar, karena sepinya pembeki semenjak adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Rata-rata pendapatan para pedagang turun hingga 80 persen dan tidak sedikit akhirnya para pedagang menutup lapaknya,” ujarnya.

Sementara itu, Hammid (51) salah satu pedagang gorengan di Jalan Raya , Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor mengaku, pemasangan tersebut dilakukannya sebagai bentuk keluh kesahnya.

Sebab ia mengaku, sejak penerapan PPKM yang kian diperpanjang membuat penghasilannya menurun drastis dan selalu sepi pengunjung.

“Pengibaran ini merupakan simbol pesan dari kami para pedagang untuk pemerintah, agar lebih memperhatikan nasib kami para pegadang,” ujarnya.

300 PKL
Hammid (51) salah satu pedagang gorengan di Jalan Raya , Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor mengaku, pemasangan tersebut dilakukannya sebagai bentuk keluh kesahnya. (Istimewa/Bogordaily.net)

Hammid mengaku penghasilan hariannya turun drastis hingga 70 persen.

“Penghasilan nggak nentu, bahkan anjlok banget. Buat makan aja susah, pendapatan paling besar itu dalam satu hari cuma Rp 100 ribu. Belum buat belanja bahan belum buat makan sehari-hari. Pokoknya serba sulit,” keluhnya.

Hammid berharap pemerintah bisa mencarikan jalan keluar terbaik untuk dirinya dan pedagang kecil lainnya yang berjualan di kawasan Puncak. Sebab bansos pemerintah menurutnya bukanlah satu langkah yang bisa menyelesaikan penderitaan para pedagang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here