Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaJangan Ketinggalan, Ini 4 Keutamaan Sholat Tahajud di Malam Hari

Jangan Ketinggalan, Ini 4 Keutamaan Sholat Tahajud di Malam Hari

Bogordaily.net atau yang dikenal juga sebagai , merupakan salah satu shalat muakkad yang dikerjakan pada malam hari.

Biasanya, pengerjaan sholat ini ketika memasuki sepertiga malam setelah seseroang tertidur sebelumnya. Meskipun hanya termasuk pada shalat , namun banyak sekali keutamaan sholat tahajud.

Disebut sebagai shalat sunah paling istimewa karena di dalam Al Quran pun terdapat anjuran untuk melaksanakan shalat ini. Salah satunya seperti yang tercantum dalam penggalan ayat Al Quran berikut ini:

“Bangunlah pada malam hari (untuk shalat) kecuali sedikit (daripadanya).” (QS. Al Muzzammil: 2)

Lalu apa yang bisa didapatkan dengan melaksanakan ? tentunya sangat banyak, berikut adalah shalat tahajud :

1. Mendapat Tempat Terpuji

“Dan pada sebagian malam hari, shalat tahajudlah kamu sebagaimana tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Al Isra: 79)

Sudah dijelaskan dalam penggalan ayat Al Quran tersebut bahwasannya shalat tahajud merupakan tambahan yang bisa mengangkat orang yang melaksanakannya ke tempat terpuji.

Tempat terpuji ini bisa dikatakan sebagai peluang masuk surga yang lebih besar. Bahkan, Allah juga akan mengangkat derajat orang-orang yang sering melaksanakan shalat tahajud dengan ikhlas.

2. Dikabulkan Doa-doa

Sudah tempatnya manusia memanjatkan doa-doa yang sangat banyak. Keinginan dan kebutuhan yang sangat banyak seringkali diungkapkan oleh orang-orang ketika mereka berdoa.

Salah satu keutamaan dari melakukan shalat tahajud adalah bisa terkabulnya setiap doa-doa yang kita panjatkan. Hal ini sesuai dengan hadits yang menyebutkan:

“Di malam hari, terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku untuk setiap malamnya.” (HR Muslim)

Sangat jelas sekali penjelasan yang terdapat dalam hadits tersebut. Di mana ketika seseorang meminta apapun yang ada di dunia dan di akhirat pada malam hari yang tidak lain adalah saat shalat tahajud, lalu berdoa pada Allah dengan sungguh-sungguh, maka mudah bagi Allah untuk memberikan apa yang dimintanya.

3. Penghapus Dosa

Disebutkan dalam sebuah hadits, “Lakukanlah oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang yang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, menghapus segala kesalahan atau penyakit dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR Tarmidzi)

Bukan rahasia lagi bahwasannya manusia adalah tempat membuat kesalahan dan segala dosa. Bahkan dosa itu pun sangat beragam baik dosa kecil maupun dosa besar.

Tak jarang juga, dosa kecil yang dilakukan secara terus menerus lalu tertumpuk dan akhirnya menggunung. Meskipun manusia sudah sadar akan dosanya, tetap saja masih banyak dari kita yang selalu lalai dan merasa santai dengan segala dosanya.

Jika merasa banyak sekali dosa yang ada, maka tidak ada salahnya melakukan shalat tahajud. Sesuai dengan hadits yang disebutkan sebelumnya, ini bisa menghapus kesalahan yang sudah kita perbuat.

Bahkan bisa menghilangkan berbagai penyakit dan tentunya menghindari diri kita dari berbuat kesalahan dan dosa-dosa.

4. Membukakan Pintu Surga

Surga merupakan tempat tujuan terindah yang banyak diharapkan oleh manusia khususnya umat Islam. Bagaimana tidak, di Surga inilah manusia bisa mendapatkan kehidupan abadi dengan segala kebaikan dan keberkahan yang diberikan oleh Allah.

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan agar kita bisa masuk surga atau agar pintu surga bisa terbuka lebar untuk kita. Salah satunya dengan melakukan shalat tahajud.

Seperti yang diterangkan dalam sebuah hadits dimana berbunyi, “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan berilah makanan kepada orang yang membutuhkan, sambunglah silaturahmi dan dirikanlah shalat pada malam hari saat manusia lain sedang tidur. Niscaya la;oan akan masuk surga dengan selamat.” (HR Ibnu Majah)

Selain beberapa keutamaan tersebut, masih banyak lagi keutamaan lainnya yang terdapat dari shalat tahajud ini.

Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa shalat tahajud ini bagaikan anak panas yang lepas dari busurnya kemudian tidak meleset sekalipun dari sasarannya. Yuk laksanakan shalat tahajud!***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here