Tuesday, 23 April 2024
HomeBeritaAkhirnya, Warga Negara Indonesia Sudah Dibolehkan Masuk Arab Saudi

Akhirnya, Warga Negara Indonesia Sudah Dibolehkan Masuk Arab Saudi

Bogordaily.net – Warga Indonesia sudah diizinkan untuk wilayah Arab Saudi. Kabar ini diberitakan Al Arabiya dan Arab News pada pekan ini.

Kedua media itu memberitakan bahwa pada Selasa (24 Agustus 2021) pemerintah Arab Saudi telah mencabut larangan terhadap warga 20 , termasuk di dalamnya adalah Indonesia.

Dikutip umma dari Suara.com, selain Indonesia, ada 19 lainnya yang warganya kini Arab Saudi adalah Uni Emirat Arab, Lebanon, Mesir, India, Argentina, Jerman, Amerika Serikat, Irlandia, Italia, Pakisan, Brasil, Portugal, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, dan Jepang.

Sayang negara tetangga kita, warga negara tetangga kita Malaysia masih dilarang ke Arab Saudi. Belum diketahui mengapa larangan untuk Malaysia belum dicabut, tetapi diduga karena kasus Covid-19 di negeri jiran tersebut masih tinggi.

Pemerintah Arab Saudi melarang warga Indonesia ke wilayahnya sejak 31 Mei 2021 lalu. Akibat larangan itu warga Tanah Air tak lagi bisa menjalankan umrah dan ibadah haji ke Tanah Suci.

Pemerintah Arab Saudi juga melarang warganya untuk ke beberapa negara termasuk Indonesia dan mengancam warganya yang melanggar dengan hukuman cekal selama tiga tahun serta denda yang besar. Larangan itu karena kasus Covid-19 di negara-negara tersebut masih sangat tinggi.

Kebijakan baru Arab Saudi ini menjadi kabar gembira bagi calon jemaah umrah dan haji Indonesia yang sejak 2020 lalu tak bisa melawat ke Tanah Suci. Meski demikian belum ada kabar terbaru dari Kementerian Agama dan Kementerian Luar Negeri terkait perkembangan ini.

Sebelumnya pada awal Agustus Kementerian Kesehatan Arab Saudi juga telah mengumukan bahwa turis yang sudah disuntik vaksin Sinovac dan Sinopharm sudah diizinkan .

Meski demikian para turis tersebut harus disuntik booster atau satu dosis vaksin tambahan, menggunakan satu dari empat jenis vaksin yang sudah digunakan di Arab Saudi. Keempat jenis vaksin itu adalah AstraZeneca, Pfizer, Moderna, dan Johnson & Johnson.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here