Monday, 29 April 2024
HomeBeritaArab Saudi Izinkan Calon Jamaah Umrah Gunakan Vaksin Sinovac, Asal...

Arab Saudi Izinkan Calon Jamaah Umrah Gunakan Vaksin Sinovac, Asal…

Bogordaily.net – Penggunaan dua Covid-19 asal China, dan Sinopharm diizinkan bagi para calon jamaah umrah.

Keputusan ini disampaikan secara resmi oleh Kementerian Kesehatan Saudi yang ditandatangani pada Selasa (24 Agustus 2021).

Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali mengatakan para jamaah umrah nantinya wajib disuntik salah satu dari empat lainnya sebagai booster. Di antaranya Pfizer, Moderna, AstraZeneca dan Jhonson and Jhonson.

“Edaran Kemenkes Saudi, untuk dan Sinopharm itu bisa diterima jika sudah disuntik dua kali dan harus ditambah booster salah satu dari Pfizer, Astrazeneca, Moderna dan Jhonson and Jhonson. Jadi sudah diterima,” kata Endang di webinar Amphuri, Kamis (26 Agustus 2021) seperti dikutip dari pmjnews.

Dia menambahkan, pejabat Kementerian Agama Saudi pun sudah mengonfirmasi ihwal kebijakan terkait perizinan dan Sinopharm.

Namun, kata Endang, Kemenkes Saudi memastikan pengiriman umrah tetap ditutup bila pandemi Covid-19 yang terjadi di suatu negara pengirim masih zona merah.

“Sebaliknya, selama pandemi di negara yang kirim umrah itu bukan jadi zona merah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Endang meneybut Indonesia hingga kini masih masuk dalam daftar negara yang ditangguhkan untuk mengirimkan jemaah umrah ke Saudi.

Hal sesuai edaran General Authority Civilization Aviation Nomor 4/43917 pada tanggal 2 Februari 2021 yang belum dicabut.

“Edaran GACA ini masih belum dicabut. Baru dicabut hanya WNI yang punya iqamah, untuk umum belum termasuk umrah. Ini PR bersama gimana kita melakukan diplomasi ini,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here