Friday, 29 March 2024
HomeBeritaBuah Plum Segar Kaya Manfaat, Kontrol Kolesterol Hingga Cegah Osteoporosis

Buah Plum Segar Kaya Manfaat, Kontrol Kolesterol Hingga Cegah Osteoporosis

Bogordaily.net – Selain nikmat dan juga segar saat dikonsumsi, ternyata buah plum sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh.

Buah plum ini mengandung banyak nutrisi baik seperti vitamin, mineral, serat, dan juga antioksidan yang bisa menjadi benteng pertahanan dari banyak penyakit.

Plum ini bisa dikonsumsi langsung, atau biasanya juga kerap diolah dengan cara dikeringkan.

Untuk tahu lebih lanjut buah plum untuk kesehatan, simak ulasan berikut ini.

Buah plum mengandung setidaknya lebih dari 15 vitamin dan mineral serta serat dan antioksidan.

Selain itu, ia juga rendah akan kalori. Melansir Healthline, berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada satu buah plum:

Kalori: 30, Karbohidrat: 8 gram, Serat: 1 gram, Gula: 7 gram, Vitamin A: 5% dari RDI, Vitamin C: 10% dari RDI, Vitamin K: 5% dari RDI, Kalium: 3% dari RDI, Tembaga: 2% dari RDI, Mangan: 2% dari RDI.

Selain itu, satu buah plum juga ternyata menyediakan sejumlah kecil vitamin B, fosfor, dan juga magnesium.

Manfaat

Dari banyaknya kandungan nutrisi di atas, buah plum bisa memberikan banyak untuk kesehatan. Berikut beberapa mengonsumsi buah plum untuk kesehatan.

Kandungan antioksidan dalam buah plum mampu membantu mengurangi peradangan dan melindungi sel tubuh kamu dari kerusakan akibat radikal bebas.

Antioksidan bernama polifenol dalam plum memiliki efek positif pada kesehatan tulang dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah plum mengandung lebih dari dua kali lipat jumlah antioksidan polifenol dibandingkan buah populer lainnya, seperti nektarin dan persik.

Buah plum mengandung isatin dan sorbitol, yang membantu meredakan sembelit dan melancarkan pencernaan sekaligus juga menjaga kesehatan usus.

ini terkait didapat karena kandungan serat yang tinggi dalam buah plum. Serat dalam plum sebagian besar tidak larut, yang berarti tidak bisa menyatu dengan air.

Ini berperan dalam mencegah sembelit dengan menambahkan curah ke tinja dan dapat mempercepat laju pembuangan kotoran melalui saluran pencernaan.

Selain itu, plum dan jus prune mengandung sorbitol, yang merupakan alkohol gula dengan efek pencahar alami.

buah plum berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi buah plum dengan penurunan risiko kondisi tulang yang melemahkan seperti dan osteopenia, yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah.

Buah plum mengandung boron yang penting untuk menjaga kepadatan tulang dan menjaga kesehatan tulang.

Tidak hanya plum terbukti dapat mencegah keropos tulang, namun juga berpotensi untuk membalikkan pengeroposan tulang yang telah terjadi.

Masih belum jelas mengapa plum tampaknya memiliki efek positif ini pada kesehatan tulang.

Namun, kandungan antioksidan dan kemampuannya untuk mengurangi peradangan dianggap berperan.

Buah plum mengandung serat larut, yang punya membantu menurunkan kadar kolesterol dan menghambat produksi kolesterol di hati. Serat larut menyerap empedu, yang diproduksi menggunakan kolesterol.

Jadi, saat empedu terserap oleh serat larut dalam buah, hati menggunakan kolesterol yang tersimpan di dalam tubuh, sehingga menurunkan kadar kolesterol.

Selain mengontrol kolesterol, buah plum juga mampu kontrol gula dalam darah.

Buah plum berpotensi meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang berperan dalam regulasi gula darah. Ini juga ada kaitannya dengan serat.

Serat memperlambat tingkat di mana tubuh menyerap karbohidrat setelah makan, menyebabkan gula darah meningkat secara bertahap, bukan lonjakan.

Selain beberapa di atas, kandungan nutrisi yang tinggi dalam buah plum juga bisa memberikan lain untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

Bagus untuk kulit, buah plum mampu mengurangi kerutan dan meremajakan kulit, melindungi dari kanker.

Kandungan antosianin mampu melawan radikal bebas penyebab kanker seperti kanker payudara dan mulut.

Meningkatkan sirkulasi darah, buah plum meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi.

Penyakit jantung, fitokimia dan nutrisi dalam buah plum menurunkan peradangan yang memicu penyakit jantung.

Kecemasan (anxiety), satu buah plum sehari bisa menjauhkan kamu dari kecemasan. Ketika antioksidan rendah, kecemasan bisa menjadi tinggi.

Vitamin C dalam buah plum membantu tubuh menyembuhkan, membangun otot, dan membentuk pembuluh darah. Ini bagus untuk mata juga.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here