Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaBulog Optimistis Pasokan dalam Negeri Tercukupi, Tidak Perlu Impor Beras

Bulog Optimistis Pasokan dalam Negeri Tercukupi, Tidak Perlu Impor Beras

Bogordaily.net Bulog memproyeksikan kegiatan penyerapan gabah setara beras pada tahun depan mencapai 1,25 juta ton beras pada 2022.

Dengan target tersebut, Bulog optimistis pasokan beras dalam negeri mencukupi kebutuhan sehingga tidak diperlukan tambahan .

Direktur Utama Bulog, Budi Waseso mengatakan bahwa angka tersebut masih dalam proses pembahasan dan dinamis sehingga masih dapat berubah.

“Ini masih tahap awal pembahasan dan masih cukup dinamis,” kata Budi dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi IV DPR, Senin (30 Agustus 2021).

Budi mengatakan, berdasarkan hasil penghitungan, kemungkinan besar tidak diperlukan beras pada tahun depan.

Hal itu berdasarkan sisa beras akhir tahun ini sebanyak  satu juta ton.

Adapun untuk target penyaluran tahun depan diperkirakan sebanyak 1,21 juta ton.

Dengan sisa beras akhir tahun 2021 dan target pengadaan tahun 2020, diperkirakan beras hingga akhir tahun 2022 mendatang sebanyak 1,04 juta ton.

Ia menjelaskan, dari penyaluran beras pada 2022, sebanyak 850 ribu ton untuk kebutuhan program ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga (KPSH) serta beras untuk golongan anggaran 100 ribu ton.

Bulog juga akan menyiapkan untuk penyaluran bantuan pemerintah sebesar 250 ribu ton dan cadangan beras pemerintah (CBP) untuk bencana sebesar 15 ribu ton.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here