Friday, 29 March 2024
HomeBeritaCatat! Vaksinasi Covid-19 Aman Untuk Bumil dan Bantu Janin Miliki Antibodi

Catat! Vaksinasi Covid-19 Aman Untuk Bumil dan Bantu Janin Miliki Antibodi

Bogordaily.net ibu hamil () disebut bisa membantu janin di dalam kandungan memiliki covid-19. Janin pun akan mempunyai ketahanan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2.

“Secara teori memang seperti itu, yang dihasilkan ibu itu bisa ditransmisikan kepada janinnya,” kata Sekjen Perhimpunan Obstertri Ginekolog Indonesia (POGI) dr Budi Wiweko dalam jumpa pers bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari Antara, Minggu (1 Agustus 2021).

Meski demikian, terkait efektivitas dari vaksin covid-19 untuk ibu hamil dan janinnya masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

Pasalnya saat ini penelitian dasar yang dilakukan di Amerika terhadap ibu hamil hanya menunjukkan bahwa pemberian vaksin covid-19 baik yang berasal dari material inactivated virus (virus yang sudah dimatikan) maupun yang berfungsi sebagai viral vector tidak berisiko dan aman baik untuk ibu maupun janin sampai setelah dilahirkan.

POGI juga menyebutkan untuk pemberian pada ibu hamil setidaknya diberikan pada saat usia kehamilan mencapai 33 minggu sehingga efek perlindungan dan pembentukan terhadap virus SARS-CoV-2 dapat dirasakan oleh janin.

Sementara untuk pemberian pada ibu hamil disarankan paling cepat dilakukan ketika kandungan berusia 12 minggu.

Ini dimaksudkan untuk menghindari risiko pada proses organogenesis atau disebut jugaproses pembentukan organ-organ tubuh pada janin.

“Kami sarankan pemberian vaksin dilakukan di atas kehamilan 12 minggu, hal itu bertujuan menghindari masalah pada proses organogenesis meski hingga saat ini penelitian menunjukan tidak ada masalah pembentukan organ pada kelahiran setelah ibu divaksin,” kata dr Budi.

POGI mengeluarkan rekomendasi pemberian covid-19 untuk ibu hamil sebagai upaya memberikan perlindungan bagi mereka yang termasuk dalam kaum rentan.

Beberapa dasar yang menyebutkan covid-19 layak diberikan pada ibu hamil berkaca dari penelitian tes vaksin covid-19 pada hewan.

Tes dilakukan pada kelinci dan tikus yang hamil diberikan vaksin covid-19 dan tidak ditemukan masalah pada objek penelitian maupun janinnya.

Selain itu, berkaca juga pada pemberian vaksin sejenis seperti vaksin influenza dan vaksin TDAP selama ini tidak bermasalah untuk diberikan pada Ibu hamil.

Akan tetapi, POGI masih menunggu pemerintah dari BPOM dan Kemenkes terkait uji klinis mengenai pemberian vaksin covid-19 kepada ibu hamil.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here