Monday, 29 April 2024
HomeBeritaDahsyat! Hikmah Shalat Dhuha yang Bisa Lancarkan Rezeki

Dahsyat! Hikmah Shalat Dhuha yang Bisa Lancarkan Rezeki

Bogordaily.net – Shalat adalah shalat sunah yang dikerjakan pada waktu yakni setelah matahari terbit hingga sebelum tergelincir. Dikerjakan sekurang-kurangnya dua rakaat.

Shalat sunah ini memiliki banyak sekali keutamaan, salah satunya bisa dimudahkan segala urusan dan dicukupkan segala kebutuhan serta rezeki oleh Allah SWT.

1. Mudah Rezeki

Ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW, yang artinya:

“Wahai anak Adam, rukuklah (shalatlah) karena Aku pada awal siang (shalat Dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan) mu sampai sore hari”. (H.R. Tirmidzi).

2.

Shalat Dhuha juga memiliki hikmah sebagai . Seperti hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim:

“Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih merupakan , setiap tahmid merupakan , setiap tahlil merupakan , setiap takbir merupakan , menyuruh kebaikan merupakan , dan mencegah kemungkaran merupakan . Dan semua itu bisa disetarakan dengan mengerjakan Shalat Dhuha dua rakaat”. (H.R Muslim dari Abu Dzar).

3. Amal akhirat

Shalat Dhuha juga sebagai tabungan amal kelak di akhirat nanti.

Rasulullah SAW bersabda;

“Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah shalatnya. Jika benar (sholatnya) maka ia telah lulus dan beruntung, dan jika rusak (shalatnya) maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada sholat wajibnya, maka Allah berfirman, ‘Perhatikanlah, jikalau hamba Ku memiliki shalat sunah maka sempurnakanlah dengan shalat sunahnya sekadar apa yang menjadi kekurangan pada salat wajibnya. Jika selesai urusan shalat, barulah amalan lainnya.” (H.R. Ash habus Sunan dari Abu Hurairah RA).

Pendakwah Ustadz Dhanu mengatakan Shalat Dhuha harus dikerjakan secara istikamah atau konsisten agar bisa diperoleh segala keutamaannya seperti dimudahkan segala urusan dan diberikan rezeki melimpah.

“Jangan pas lagi ada butuhnya baru Shalat Dhuha, itu jangan. Jadi ketika kondisi kita itu tidak apa-apa biasa saja, tidak sedang ada keinginan shalat saja dhuha dua rakaat. Selesai. Tapi Jangan ada niatan ada keinginan karena sholat dhuha itu bisa menjadikan kemudahan-kemudahan setiap harinya oleh Allah,” katanya dalam sebuah tayangan di MNC TV.

Meski ada hikmah dilancarkan rezeki, Ustadz Dhanu mengingatkan, agar sebaiknya Shalat Dhuha dikerjakan jangan semata agar dapat rezeki, tapi harus ikhlas sebagai ibadah kepada Allah.

“Jangan sampai shalat dhuha itu untuk rezeki, Jangan. Karena rezeki itu banyak, jangan dari sisi harta saja maksud saya, tapi bisa bentuk kesehatan, keluarga bahagia, ini rezeki. Ujian juga,” ujarnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here