Friday, 3 May 2024
HomeBeritaDosakah Pinjamkan Uang ke Teman untuk Modal Usaha

Dosakah Pinjamkan Uang ke Teman untuk Modal Usaha

Bogordaily.net -Di masa pandemi ini, bermunculan usaha baru. Biasanya, usaha baru ini dibuat oleh mereka yang terkena dampak ekonomi sehingga banting setir dengan berwirausaha.

Dalam membuat usaha, dibutuhkan untuk memulainya. Jika tak punya, biasanya pelaku usaha akan meminjam pada .

Namun ternyata jika meminjamkan seperti ini bisa membuat kita berpotensi dosa loh! Kenapa?

Ustadz Syafaat Nurhadi dalam kelas online Basic Muamalah, Selasa (10 Agustus 2021) menjelaskan bahwa dalam , antara niat dan cara harus benar supaya jadi amal soleh, bukan amal salah.

“Misalnya meminjam Rp10 juta untuk usaha, dia berjanji mengembalikan dalam 1 tahun. Akhirnya kita pinjamkan, dengan meminta kelebihan dalam membayar, maka niat baik kita karena ingin membantu, tapi caranya salah, yakni dengan meminta tambahan itu bisa membuat jadi dosa,” tutur Ustadz Syafaat.

Dalam Islam, akad meminjam dilakukan atas dasar tolong menolong. Jika ada tambahan, maka itu artinya sama dengan riba dan itu diharamkan dalam Islam.

Sumber dalam melakukan sebuah amalan juga menentukan apakah perbiatan itu akan dihitung menjadi pahala atau hanya sia-sia belaka.

Misalnya seseorang yang korupsi dari suatu proyek Rp5 miliar, lalu Rp3 miliarnya ia sumbangkan untuk pembangunan masjid dengan harapan ia akan mendapatkan pahala.

“Maka akan sia-sia ia membangun masjid dengan supaya pagala orang yang sholat di situ ikut mengalir juga padanya. Karena sedekah tidak akan membersihkan harta yang haram,” jelasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here