Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaDosen Terintegrasi, Sistem Layanan yang Diluncurkan Kemendikbudristek

Dosen Terintegrasi, Sistem Layanan yang Diluncurkan Kemendikbudristek

Bogordaily.net – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (), melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) meluncurkan yang diperuntukkan bagi yang terintegrasi.

“Peluncuran Laman penilaian angka kredit (PAK), Selancar PAK Mobile, SISTER BKD, dan API Portofolio SISTER merupakan langkah awal dalam manajemen transformasi sumber daya manusia di jenjang pendidikan tinggi,” ujar Direktur Sumber Daya Ditjen Diktiristek, Dr Mohammad Sofwan Effendi, dalam taklimat media di Jakarta, Kamis (19 Agustus 2021).

Dia menambahkan, terintegrasi tersebut berorientasi pada dua poros perubahan, yakni substansi dengan mengintegrasikan karier dan kompetensi , dan tata kelola SDM melalui inovasi .

terintegrasi tersebut, lanjut dia, dipercaya dapat mengurangi beban administrasi . Dengan demikian para dosen dapat lebih fokus pada Tridharma perguruan tinggi.

Ditjen Diktiristek meluncurkan Laman PAK yang telah dirancang ulang dan lebih interaktif, seperti dilansir dari okezone.

Berikutnya yakni Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) Beban Kerja Dosen (BKD) yang merupakan aplikasi mobile.

Mengintegrasikan konten dengan SK Lektor Kepala dan Guru Besar, sehingga dosen dengan mudah memantau perkembangan usulan jabatan fungsional dari tahapan PAK ke SK secara terintegratif.

Selanjutnya, Selancar PAK Mobile yang merupakan aplikasi mobile dari Laman PAK. Terakhir, API Portofolio SISTER yang menghubungkan aplikasi berbeda dalam platform yang sama maupun yang berbeda.

“Terutama bagi perguruan tinggi yang menggunakan aplikasi yang berbeda,” kata dia.

Plt. Dirjen Diktiristek , Prof Nizam mengatakan peluncuran tersebut merupakan wujud komitmen Diktiristek dalam memberikan terbaik bagi insan pendidikan tinggi.

“Hal ini penting, karena kita selalu berbicara mengenai daya saing bangsa, kemajuan inovasi, SDM unggul. Itu semua kuncinya pada produktivitas dari setiap individu untuk bisa melakukan yang terbaik dalam lingkup kerja kita,” kata Nizam.

Dia menambahkan terkadang beban administrasi dosen cukup ribet, untuk itu pihaknya membangun sistem yang lebih efektif, efisien dan mengurangi pengulangan yang tidak perlu.

Dengan demikian, diharapkan upaya Tridharma insan perguruan tinggi lebih optimal.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here