Friday, 3 May 2024
HomeNasionalGawat! Kabag Ops Dipukuli Simpatisan Habib Rizieq hingga Pingsan

Gawat! Kabag Ops Dipukuli Simpatisan Habib Rizieq hingga Pingsan

Bogordaily.net dan Kasat Intel serta duan anggota Polres Metro Jakarta Pusat dikeroyok oleh simpatisan Habib Rizieq Shihab.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Hengki Haryadi mengatakan, AKBP Guntur Muhammad Thariq sempat jatuh pingsan akibat dikeroyok massa.

“Pingsan nggak lama dia sempat jatuh. Kemudian sudah siuman lagi, dipukuli dikeroyok lah,” kata Hengki kepada wartawan, Senin 30 Agustus 2021.

Selain dan Kasat Intel, dua anggota lainnya yang dikeroyok ialah dari satuan Sabhara.

Namun, Hengki memastikan kedua anggota Sabhara itu hanya mengalami luka ringan.

“Nggak ada luka terbuka, ya sempat dipukuli aja. Luka ringan,” bebernya.

Sebelumnya, Hengki mengatakan telah mengamankan 36 simpatisan Habib Rizieq Shihab yang terlibat bentrok dengan polisi. Beberapa di antaranya masih berstatus di bawah umur.

Hengki menyebut dari 36, sebanyak 27 simpatisan Habib Rizieq Shihab digelandang ke Polda Metro Jaya.

“Kemudian 9 orang di Polres Jakarta Pusat; 4 orang dibawa umur ada yang 17 tahun ada 16 tahun langsung kordinasi dijemput orang tua,” ujarnya.

Sedangkan, lima dari sembilan yang diamankan Polres Metro Jakarta Pusat, menurut Hengki diduga melakukan penganiayaan terhadap anggota.

Dari tangan yang bersangkutan penyidik turut pula mengamankan barang bukti senjata tajam pisau.

“Ada yang bawa sajam dan pelaku penganiayaan diproses di Polres Jakarta Pusat,” jelasnya.

Diketahui, bentrokan sempat terjadi antara simpatisan Habib Rizieq Shihab dengan aparat kepolisian di Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin 30 Agustus 2021, siang.

Peristiwa ini terjadi pasca sidang putusan banding perkara tes swab RS Ummi Bogor di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Dalam sidang tersebut PT DKI Jakarta memutuskan, memperkuat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur yang memvonis Habib Rizieq dengan pidana penjara 4 tahun.

Berdasarkan video yang diterima oleh Suara.com, terlihat sejumlah massa simpatisan Habib Rizieq awalnya hendak dibubarkan oleh aparat kepolisian yang berjaga di sekitar lokasi gedung PT DKI.

Namun, massa memilih tetap bertahan di sekitar PT DKI Jakarta. Melihat massa yang tetap menembus barikade penjagaan di sekitar PT DKI, akhirnya bentrokan dengan aparat tak terhindarkan.

Tampak suasana menjadi ricuh. Terlebih aparat kepolisian juga menembakan gas air mata ke kerumunan massa simpatisan Habib Rizieq.

Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyanto mengemukakan bahwa beberapa anggota polisi terluka dalam peristiwa ini. Mereka terluka akibat terkena lemparan batu.

“Anggota banyak yang terluka ini dilempar batu,” kata Setyo saat dikonfirmasi, Senin 30 Agustus 2021.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here