Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaHasil Rukyat Hilal PBNU: 1 Muharram Selasa 10 Agustus

Hasil Rukyat Hilal PBNU: 1 Muharram Selasa 10 Agustus

Bogordaily.net – Lembaga Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF-PBNU) telah melakukan rukyatul hilal untuk menentikan awal 1443 H.

“Seluruh lokasi tidak melihat hilal. Sebagai tindak lanjutnya maka awal   1443 H bertepatan dengan Selasa Pon 10 Agustus 2021 M (mulai malam Selasa) atas dasar Istikmal atau bulan sebelumnya disempurnakan menjadi 30 hari,” begitu dalam surat pengumuman LF PBNU tentang awal .

Mengutip dari Republika, jajaran LF PWNU dan PCNU se-Indonesia diharapkan bertindak aktif untuk menyebarluaskan pengumuman awal 1443 H kepada warga Nahdliyyin.

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat, KH Misbahul Munir Kholil, mengatakan memperingati merupakan hal yang sangat baik karena itu bagian dari syiar Islam.

Menurutnya terdapat tanda kebesaran dan kebenaran Islam di balik peringatan . Kyai Misbah menjelaskan Muharram merupakan salah satu bulan yang sangat dimuliakan Allah SWT.

Sementara itu, tentang mulianya bulan Muharram juga ditegaskan Rasulullah SAW dalam haditsnya.

Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, kyai Misbah berharap tidak menyurutkan semangat umat Muslim khususnya di Indonesia untuk menghidupkan pergantian dan mengisi Muharram dengan berbagai kegiatan ibadah.

Namun tetap dengan mematuhi protokol kesehatan dan pencegahan Covid-19 sesuai yang diatur pemerintah.

Menurut kiai Misbah, salah satu yang bisa dilakukan untuk mengisi momentum pergantian adalah dengan mengikuti pengajian virtual atau pun istighasah virtual.

“Manfaatnya banyak sekali memperingati . Karena situasi sekarang musim pandemi, ya kita tetap meramaikan mensyiarkan bulan Muharram dengan berbagai kegiatan yang tidak melanggar apa yang sudah ditetapkan pemerintah. Hidupkan dengan pengajian, dzikir, doa awal dan akhir tahun, kita bisa siasati dengan daring,” kata kyai Misbahul.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here