Tuesday, 30 April 2024
HomeBeritaIni Fakta Tentang Vaksinasi Covid-19 yang Kabarnya Bikin Mandul

Ini Fakta Tentang Vaksinasi Covid-19 yang Kabarnya Bikin Mandul

Bogordaily.net – Informasi mengenai vaksinasi Covid-19 yang menyebabkan kemandulan, saat ini beredar luas di masyarakat.

Dokter Spesialis kandungan di The Ohio State University Wexner Medical Center, Michael Cackovic menyatakan hal itu menyesatkan.

Dikutip dari Shape, tidak ada alasan untuk percaya bahwa Covid menyebabkan kemandulan.

“Intinya, tidak ada bukti yang mendukung anggapan Covid-19 berdampak pada kesuburan,” ujarnya, bersumber dari Antaranews.

Senada dengan Vackovic, Amesh A. Adalja dari Johns Hopkins Center for Health Security mengatakan bahwa pada ahli kesehatan dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyatakan hal yang sama.

“ACOG merekomendasikan vaksinasi bagi individu yang sedang melakukan program kehamilan dan memenuhi kriteria untuk vaksinasi,” katanya.

Lebih lanjut, beberapa wanita yang berpartisipasi dalam uji klinis untuk dua (Pfizer dan Moderna) sedang selama masa percobaan, dan tidak berpengaruh terhadap kesuburan mereka.

Selama uji coba Moderna, 13 peserta , dan selama uji coba Pfizerm terjadi 23 kehamilan.

Sementara satu dari kelompok Pfizer mengalami keguguran dan orang tersebut menerima plasebo bukan .

Dokter spesialis penyakit menular dari Vanderbilt University School of Medicine William Schaffner mengatakan bahwa wanita yang ingin sebaiknya mempertimbangkan risiko tidak mendapatkan vaksinasi.

Terutama yang berpotensi memiliki penyakit parah serta persalinan prematur selama .

Schaffner merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan vaksinasi agar mendapatkan rujukan langsung dari medis, bukan dari internet.

Ia melanjutkan, vaksin Covid-19 Pfizer maupun Moderna menggunakan bahan genetik yang disebut mRNA yang memicu respon imun dalam tubuh.

Akibatnya tubuh yang akan mengembangkan antibodi terhadap virus. Tubuh kemudian menghilangkan protein bersama dengan mRNA, tetapi antibodi tetap ada.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here