Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaJangan Khawatir, Ini yang Bakal Didapat Buruh Jika Di-PHK

Jangan Khawatir, Ini yang Bakal Didapat Buruh Jika Di-PHK

Bogordaily.net – Bagi buruh yang kehilangan pekerjaan alias di , tidak perlu khawatir, karena pada Maret 2022 akan menggulirkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (). Saat ini kementerian tengah merampungkan seluruh ketentuan yang diperlukan untuk melaksanakan program tersebut.

“Program ini efektif berlaku mulai Maret tahun depan,” ungkap Sekjen Anwar Sanusi kepada Jumat 13 Agustus 2021.

adalah salah satu program pemerintah untuk memberikan bantuan kepada buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (). Mereka akan diberikan manfaat berupa uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan tenaga kerja dari lembaga pelatihan yang bekerja sama dengan pemerintah.

Anwar mengatakan buruh yang terkena tahun ini belum dapat menikmati manfaat dari program . Dengan kata lain, manfaat program baru bisa dinikmati buruh yang terkena tahun depan.

“Saat ini kami menyiapkan seluruh regulasinya,” jelas Anwar.

Diketahui, aturan terkait penyelenggaraan program JKP tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 37 Tahun 2021. Anwar mengatakan aturan teknis JKP tertuang dalam beberapa peraturan menteri ketenagakerjaan (permenaker).

“PP Nomor 37 Tahun 2021 mengamanatkan beberapa permenaker. Salah satunnya terkait dengan rekomposisi iuran,” terang Anwar.

Aturan yang dimaksud tercantum dalam Permenaker Nomor 7 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pendaftaran Peserta dan Pelaksanaan Rekomposisi Iuran dalam Program JKP.

Lalu, aturan JKP juga tertuang dalam Permenaker Nomor 15 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pemberian Manfaat JKP.

Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa upah yang digunakan sebagai dasar pembayaran manfaat merujuk pada besaran upah terakhir pekerja atau buruh yang dilaporkan pengusaha kepada BPJS Ketenagakerjaan selaku pelaksanaan program JKP dari kementerian.

Namun, besaran upah sebagai dasar pembayaran manfaat tidak boleh lebih dari batas atas upah yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu Rp5 juta.

Nantinya, uang tunai akan diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Pencairan uang tunai bulan pertama dibayarkan setelah penerima manfaat mengajukan manfaat JKP pada bulan pertama.

Tanggal pengajuan ini akan menjadi acuan untuk pencairan uang tunai bulan kedua sampai kelima. Sementara manfaat uang tunai akan dibayarkan paling lama tiga hari kerja setelah penerima mengajukan manfaat JKP.

Sedangkan pencairan uang tunai bulan keenam dilakukan paling cepat lima hari kerja sebelum berakhirnya jangka waktu pemberian manfaat JKP atau paling lambat akhir bulan keenam sejak pencairan pertama.

Kendati begitu, uang tunai bulan kedua sampai keenam akan dibayarkan bila pekerja atau buruh yang merupakan penerima manfaat masih belum mendapat pekerjaan baru atau aktif mencari kerja.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here