Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaJangan lewatkan! Fenomena Langka Blue Moon 22 Agustus

Jangan lewatkan! Fenomena Langka Blue Moon 22 Agustus

Bogordaily.net – Pada 22 Agustus 2021 akan ada fenomena Biru atau Blue Moon. Kemunculan Blue Moon ini merupakan fenomena yang bisa disaksikan oleh masyarakat.

Peneliti pusat sains dan antariksa LAPAN, Andi Pangerang mengatakan bahwa Biru hakikatnya tidak benar-benar berwarna biru. akan terselihat seperti purnama seperti biasanya.

Asal-usul historis istilah ini dan dua definisinya sebenarnya masih simpang siur. Kebanyakan pihak menganggap sebagai kesalahan interpretasi.

Menurut Andi, istilah ini sudah ada setidaknya sejak 400 tahun yang lalu dari penelusuran saat ini.

Seorang penutur cerita rakyat berkebangsaan Kanada, Dr. Philip Hiscock, mengusulkan bahwa penyebutan Biru bermakna bahwa ada hal yang ganjil dan tidak akan pernah terjadi.

Karena biasanya purnama akan terjadi setiap bulannya. Artinya dalam satu tahun akan terjadi 12 kali purnama.

Namun terkadang, akan datang tahun ketika Purnama terjadi 13 kali dalam satu tahun.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Biru dapat terjadi jika Bulan Purnama muncul di sekitar awal bulan Masehi.

Hal ini dikarenakan rata-rata lunasi sebesar 29,53 hari; lebih pendek dibandingkan dengan 11 bulan dalam kalender Masehi.

Disebutkan bahwa setiap 2,8 tahun sekali, salah satu musim akan memiliki empat Bulan Purnama, bukan tiga Bulan Purnama seperti biasanya.

Nama Blue Moon diberikan kepada Bulan ketiga dari empat Bulan Purnama tersebut.

Bulan Purnama 22 Agustus adalah yang ketiga dari empat yang jatuh antara titik balik Matahari Juni dan ekuinoks September.

Pengamat di Indonesia dapat mulai melihat Bulan Purnama pada pukul 19:01 WIB.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here