Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaJangan Terlalu Ngarep atau Benci, Begitu Rumus Cari Jodoh

Jangan Terlalu Ngarep atau Benci, Begitu Rumus Cari Jodoh

Bogordaily.net – Nasihat untuk yang sedang mencari jodoh. Jangan terlalu berharap karena belum tentu yang kamu pikirkan itu jodohmu.

Jangan juga terlalu membenci karena bisa jadi justru dia yang akan Allah Ta'ala takdirkan jadi pendamping hidupmu. Ingatlah ayat ini,

Artinya : “Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)

Ada pelajaran yang bisa diambil dari kisah berikut.

Shafiyyah radhiyallahu ‘anha pernah mengatakan, “Aku sampai pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam awalnya yang aku paling adalah beliau karena sebab peperangan dengan beliau Huyay ibnu Akhtab, ayah Shafiyyah dan Kinanah, suami kedua Shafiyyah terbunuh.”

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan, “Sesungguhnya kaummu pernah melakukan demikian dan demikian.” Shafiyyah lantas menyatakan,

“Tidaklah aku berdiri dari tempat dudukku hingga aku menyatakan bahwa saat ini yang paling aku cintai adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Ishaq bin Rahawaih dan Abu Ya'la).

Disebutkan oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Al-Mathalib Al-‘Aliyah. Al-Haitsami dalam Majma' Az-Zawaid bahwa perawinya shahih.

Maka, mulailah menata hati dengan benar. Bisa jadi, jodohmu itu denganmu. Selama ini selalu menghindar untuk tidak bertemu denganmu tetapi selalu ikhlas mendoakanmu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here