Wednesday, 8 February 2023
HomeHeadlineKasus Positif Covid-19 Menurun di 25 Provinsi

Kasus Positif Covid-19 Menurun di 25 Provinsi

IIMS

Bogordaily.net – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, perkembangan kasus Covid-19 di tingkat nasional kini telah menunjukan tren perbaikan.

Bahkan kasus positif, kematian, dan BOR telah mengalami penurunan dalam tiga sampai empat pekan terakhir.

Wiku mengatakan, penurunan kasus positif pada pekan ini terjadi di 25 provinsi atau 73 persen dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Pada pekan ini terjadi penurunan kasus positif pada 25 provinsi atau 73 persen dari seluruh provinsi di Indonesia telah menunjukan perbaikan kasus positif,” ujar Wiku saat konferensi pers, Kamis (19 Agustus 2021).

Provinsi yang paling banyak mengalami penurunan kasus positif adalah Jawa Barat yang mengalami penurunan 7.128 kasus, DKI Jakarta turun 5.201 kasus, Jawa Timur turun 4.407 kasus, Kalimantan Timur turun 2.959 kasus, dan NTT turun 2.866 kasus.

Selain itu, Satgas juga mencatat terjadinya penurunan positivity rate yang sebesar 2,09 persen atau yang sebelumnya 23,57 persen pada 2-8 Agustus menjadi 21,48 persen pada 9-15 Agustus.

“Ini adalah perkembangan yang sangat baik karena artinya sebagian besar provinsi di Indonesia sudah mengalami perbaikan dan semakin dapat mengendalikan penularan,” tambahnya

Jika kasus positif, kasus aktif, dan BOR masih menunjukan peningkatan, maka ia meminta agar segera mengkonversi tempat tidur untuk pasien Covid-19 dan membuka tempat isolasi terpusat.

Selain itu, pemda diminta agar segera membentuk posko di desa dan kelurahan di wilayahnya.

“Karena posko menjadi wadah koordinasi usaha penanganan pertama pada kasus Covid di tingkat penanganan terkecil yaitu RT RW,” tegasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terbaru

E-paper

Hari Pers Nasional

Selamat Tahun Baru 2023

Bank Kota Bogor