Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaKhasiat Sawi Putih, Dari Cegah Anemia Sampai Penyakit Jantung

Khasiat Sawi Putih, Dari Cegah Anemia Sampai Penyakit Jantung

Bogordaily.net – Sawi putih merupakan sayuran yang sering kali digunakan untuk melengkapi bahan masakan atau dicampur dengan bahan lain untuk dibuat sayur.

Sayuran yang hidup di area bersuhu dingin ini memang menjadi salah satu sayuran wajib bagi keluarga karena mudahnya mengolah sebagai masakan.

Contoh yang paling mudah adalah sering kali menggunakan sayuran ini sebagai campuran untuk memasak mie instant.

Selain itu, sayuran ini sangat pas dikantong karena harganya yang relatif murah. Bukan hanya itu, sayuran ini pun memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan Anda.

Khasiat dari sawi putih untuk kesehatan ternyata cukup banyak dan lengkap untuk ukuran sebuah sayuran, apalagi mengingat harganya yang relatif murah.

Sehingga tidak salah memang jika sayuran ini menjadi salah satu bahan baku wajib bagi beberapa resep masakan yang digunakan oleh orang tua.

Menurut sumber yang ada, sawi putih memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kita antara lain untuk mencegah osteoporosis, mencegah penyakit , mencegah anemia, menjaga kesehatan dan masih banyak lagi. Hal itu tidak lepas dari beberapa kandungan yang ada di dalamnya.

Apa saja kandungan yang terdapat pada sawi putih? Menurut sumber yang ada, ada beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya dengan setidaknya sembilan manfaat yang bisa didapatkan dari sayuran ini.

Manfaat dari sawi putih yang pertama adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan pada luka, dan mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Hal itu karena dalam sayuran ini terkandung C yang konon hampir setara dengan jeruk sehingga memang sangat baik untuk hal-hal yang sudah tertulis di atas.

Untuk mencegah gondok, ternyata sayuran yang memiliki nama latin Brassica rapa convar ini juga sangat baik untuk dikonsumsi.

Hal ini karena pada sawi putih mengandung Goitrogen yang menghambat fungsi kelenjar tiroid yang memicu terjadinya goiter gondok. Ini sekaligus sebagai manfaat kedua dari sayur sawi putih.

Sayuran ini juga baik untuk mencegah penyakit . Kandungan C, E dan betakarotennya sangat baik untuk mencegah kolesterol dan penyakit . Ketiga zat tersebut berguna untuk mencegah terjadinya oksidasi kolesterol LDL.

Selain itu, jika dikonsumsi, sayuran ini dapat memperkecil proses ateroskerosis yang artinya dapat menurunkan kemungkinan terjadinya serangan karena dalam sayuran ini juga terkandung niasin.

Kandungan asam folat yang terkandung didalamnya berperan dalam proses sintesis nukleoprotein. Proses tersebut merupakan kunci pembentukan produksi butir-butir darah merah dalam sumsum tulang.

Itu artinya sayuran ini dapat berguna untuk mencegah anemia yang disebabkan oleh kurangnya kandungan sel atau butir-butir darah merah dalam darah.

Sawi putih juga dapat berfungsi untuk mencegah diabetes mellitus karena mengandung kalsium yang berperan penting dalam menurunkan kadar gula dalam darah dan juga menurunkan kadar kolesterol.

Selain mencegah diabetes, kandungan kalsium yang didukung dengan K pada tumbuhan ini dapat mengatur protein tulang dan kalsium dalam tulang sehingga dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau biasa disebut dengan osteoporosis.

Mata kita membutuhkan asupan A untuk menjaga kesehatannya terutama pada bagian kornea. Nah vitamin ini ternyata juga terkandung pada sawi putih sehingga baik untuk kesehatan mata.

Bagi Anda yang rajin merawat kulit, sayuran ini juga sangat baik untuk dikonsumsi. Pasalnya, sayuran sawi putih memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Selain itu, vitamin ini juga berperan sebagai anti oksidan yang juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dan manfaat kesembilan dari sawi putih ini adalah untuk mencegah macam-macam penyakit kanker.

Menurut sumber yang ada, pada sayuran ini terdapat kandungan Indol dan Isotiosianat yang dapat mereduksi protein kanker karena kemampuan dari kedua zat tersebut untuk mengatur enzim yang berfungsi mendetoksifikasi hati.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here