Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaLagu Berjudul Merah Putih Diliris Iwan Fals untuk Rayakan Kemerdekaan

Lagu Berjudul Merah Putih Diliris Iwan Fals untuk Rayakan Kemerdekaan

Bogordaily.net – Dengan usia karir yang panjang, berbagai pengalaman kerja jelas sudah pernah mampir ke dalam perjalanan .

Tapi, menggali pengalaman baru nan segar selalu jadi upaya penting untuk mempertahankan energi tinggi guna terus berkarya.

Tepat di hari kemerdekaan Indonesia ke-76 yakni pada 17 Agustus 2021, merilis berjudul Merah Putih.

ini merupakan single kedua dari album penuh terbaru yang sedang dipersiapkan.

Seperti judulnya yang lantang, Merah Putih bercerita tentang bagaimana kita merayakan kemerdekaan Indonesia seperti sekarang ini.

“Indonesia, ya Indonesia, Merah Putih, Pancasila, NKRI dengan segala macam sejarahnya, baik yang modern atau masa lalu. Setiap Senin nyanyi Indonesia Raya di sekolahan. Terus kalau dalam kejuaraan menang, bangga setengah mati. Tanpa bisa dijelaskan kenapa bangga. Lalu kalau diledekin marah, juga sedih kok kita gini-gini aja. Padahal sudah merdeka, tapi masih banyak yang belum percaya kalau kita sudah merdeka. Ya, Indonesia di antara itu,” katanya melalui keterangan tertulis.

Bagi , Indonesia itu selalu hidup, dan juga selalu dipotret dalam bingkai harapan.

“Indonesia terus bergerak, terus berproses. Ibaratnya, jadi proses gabungan dari melodi dan syair kalau dalam konteks musik,” jelasnya.

Merah Putih sendiri menampilkan bunyi-bunyi andalan , sesuatu yang sangat diakrabi oleh publik bergenerasi.

Vokal penuh usaha menukik tajam ke nada-nada tinggi, suara harmonika khas yang jadi kuncian di beberapa hits legendaris dan larik-larik kontemplatif yang sarat makna.

Meski begitu, ada satu tambahan penting yang jadi kebaruannya yang mana untuk pertama kalinya merekam karya dengan instrumen utama piano.

“Sebenarnya piano sudah ada sejak dulu, tapi paling di konser-konser, bukan di rekaman. Pernah main sama Iwang Noorsaid, Bagus AA. Kalau langsung rekam, ya baru ini,” ungkapnya.

Merah Putih sendiri direkam secara live. Dalam prosesnya pun hanya melibatkan pemain piano Otta Tarega dan sendiri. Adapun lagunya sendiri diproduseri oleh Rambu Cikal dan Lafa Pratomo.

“Karena kami hanya berdua, jadi lebih lebar, lebih banyak bisa berbuat. Banyak yang kosong frekuensinya, bisa saling isi. Kita lebih bebas berkomunikasi, lebih merdeka,” terangnya.

Bercerita tentang Indonesia, jelas bukan aktivitas yang asing untuk Iwan Fals. Ia merekam zaman, merekam perjalanan yang terus bergerak ke masa depan.

Seperti itupun, lirik Merah Putih berkisah untuk kita semua. Dengan segala dinamikanya, lewat ini, ia mengajak kita semua untuk bersikap.

“Ayo deh kita harmonis, jangan saling ganggu. Sadar bahwa kita semua ditunggu kematian. Tapi, jangan nyerah. Kita gembira aja menunggu itu datang sambil terus produktif. Karena kita punya generasi berikutnya. Kita jelasin, ‘Eh, jangan jadi pengecut. Elo gagah, kita bisa hadapin semuanya.' Dan hidup itu kayak ngelempar gelas ke ubin; Pecahannya kita nggak pernah tahu ke mana itu. Seninya di situ,” tutupnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here