Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaMenag Dorong Semua Penghina Simbol Agama Diproses Hukum

Menag Dorong Semua Penghina Simbol Agama Diproses Hukum

Bogordaily.net – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mendorong kepolisian untuk memproses hukum semua pihak yang diduga menyampaikan ujaran kebencian dan melakukan penghinaan terhadap simbol agama.

“Semua warga sama di mata sehingga harus mendapatkan perlakuan yang adil, termasuk terkait dugaan ujaran kebencian dan penghinaan simbol agama,” tegas di Jakarta, Kamis (26 Agustus 2021) seperti dikutip dari laman Kemenag.

mendukung penuh sikap tegas Polri dalam menegakkan keadilan.

“Jadi siapapun pelakunya dan dari agama manapun, semua penghina simbol agama harus diproses . Kalau dia diduga menyampaikan ujaran kebencian dan penghinaan terhadap simbol agama, harus diproses ,” jelasnya.

mengajak umat beragama untuk menyerahkan kasus ujaran kebencian dan penghinaan simbol agama kepada penegak .

berharap tokoh agama juga terus memberikan pencerahan dan edukasi tentang pentingnya menghargai perbedaan.

“Tugas tokoh agama untuk terus meningkatkan pemahaman keagamaan publik terhadap keyakinan dan ajaran agamanya masing-masing, tanpa harus saling menghinakan keyakinan dan ajaran agama lainnya,” pesannya.

“Di tengah upaya untuk terus memajukan bangsa dan menangani pandemi Covid-19, mari bersama-sama merajut kebersamaan dan merawat persaudaraan. Sebab, mereka yang bukan saudara seiman adalah saudara dalam kemanusiaan,” tuturnya.

Beberapa waktu belakangan netizen dibuat heboh dengan kemunculan youtuber bernama Muhammad Kece. Dalam akun youtubenya, ia diduga menistakan Islam dan Nabi Muhammad.

Menyebut kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren menyesatkan dan menimbulkan paham radikal.

Muhammad Kece juga menyebut ajaran Islam dan Nabi Muhammad SAW tidak benar sehingga harus ditinggalkan.

Selain soal kitab kuning dan ajakan meninggalkan ajaran Islam, Muhammad Kece menyebut Nabi Muhammad SAW sebagai pengikut jin. Dia bahkan menyebut Nabi Muhammad SAW tak dekat dengan Allah.

Dia lalu menyelewengkan ucapan salam dan mengubah kata ‘Allah' menjadi ‘Yesus'. Tak hanya dalam ucapan salam saja, Muhammad Kece juga mengubah beberapa kalimat dalam ajaran Islam yang menyebut nama Nabi Muhammad SAW.

Muhammad Kece pun kini telah ditangkap polisi untuk dimintai keterangan dan pertanggungjawaban perbuatannya. Penangkapan dipimpin langsung Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Asep Edi.

Muhammad Kece ditangkap di Mengwi, Badung, Bali pada Selasa (24 Agustus 2021) berdasarkan laporan polisi nomor LP/B/500/VIII/2020/SPKT Bareskrim tanggal 21 Agustus 2021.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here