Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaMengenal Sosok TGH Lalu Al Bayani yang Dikenal Rendah Hati

Mengenal Sosok TGH Lalu Al Bayani yang Dikenal Rendah Hati

Bogordaily.net – Prosesi pemakaman ulama di Desa Padamara Timur, Tuan Guru Haji Al Bayani Akbar membuat publik geger, pasalnya kain mengempis dan jenazah sang guru hilang.

Dilihat dari video yang diposting akun FB Noer Songket Nur terlihat suasana saat pemakaman jenazah Al Bayani Akbar Padamara, Timur.

Tiba-tiba kain kafannya mengempis, sehingga sontak keluarga almarhum menangis.

Di video sendiri tampak beberapa orang di dalam liang kubur tengah meletakkan jenazah.

Kemudian tiba-tiba salah seorang perempuan diduga dari pihak keluarga dengan bahasa sasak menyebut kain almarhum mengempis, seketika itu kemudian perempuan ini menangis.

“Mbe jasad mamiq,” serunya sambil menangis.

Pemakaman dilakukan di Padamara, Kecamatan Sukamulia, Minggu 8 Agustus 2021. Dikabrkan bahwa jenazah hilang dan tinggal kain yang mengempis.

Adapun Al Bayani Akbar dikenal sebagai sosok ulama yang disegani oleh murid-muridnya. Selain itu, almarhum dikenal sebagai ahli tarekat dan mempunyai banyak pengikut yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Tuan Guru Albayani Akbar adalah generasi ketiga keturunan Syeh Sirril Bayanullah yang mengajarkan Tarekat Naqsabandiyah.

Selain dikenal rendah hati dan tidak pilih-pilih dalam bergaul, Tuan Guru Albayani Akbar selalu menekankan bahwa ia hanyalah orang biasa seperti manusia lainnya dan tidak pernah mau dipanggil tuan guru. Almarhum juga jarang keluar rumah. Dia disebut hanya keluar saat menghadiri undangan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here