Friday, 26 April 2024
HomeBeritaPemerintah Harus Bersiap Jika Covid-19 Jadi Endemi

Pemerintah Harus Bersiap Jika Covid-19 Jadi Endemi

Bogordaily.net – Menghadapi kemungkinan Covid-19 menjadi , Anggota Komisi VII Mulyanto minta Pemerintah selain meningkatkan jumlah vaksinasi, juga harus mendorong percepatan riset, pengujian dan produksi .

adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik di wilayah tertentu. Misalnya penyakit malaria di Papua. Contoh penyakit lainnya di Indonesia yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit ini akan selalu ada di daerah tersebut, namun dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah,” jelas Mulyanto dikutip dari Parlementaria, Kamis 19 Agustus 2021.

Mulyanto melihat, besar kemungkinan Covid-19 menjadi di beberapa tempat. Hal tersebut terjadi karena penanggulangannya di tanah air tidak tuntas.

Virus asal Wuhan, China, itu sudah terlanjur menyebar ke seluruh pelosok tanah air. Oleh karena itu menurutnya vaksinasi harus optimal. Cakupannya harus diusahakan lebih dari 70 persen penduduk.

Politisi Fraksi PKS ini memperkirakan penanganan Covid-19 ini membutuhkan waktu yang panjang. Sehingga perlu ada pengulangan vaksin bagi masyarakat. Sementara bagi tenaga kesehatan perlu segera diberikan booster vaksin ketiga.

“Melihat kondisi ini maka pengadaan vaksin domestik yaitu sangat diperlukan. Kita harapkan September 2022 sudah dapat didistribusikan dan tidak boleh meleset. Bio Farma bersama LBM Eijkman sangat diharapkan dapat menuntaskan vaksin ini. Termasuk obat-obatan  yang selama ini terbukti efektif dapat terus diadakan termasuk distribusinya ke daerah,” jelasnya.

Ditambahkan Mulyanto, menghadapi kemungkinan itu, masyarakat juga harus menyiapkan mental. Ia mengibaratkan pandemi seperti orang berlari kencang, sedangkan seperti orang lari marathon. Artinya penanggulangan butuh waktu dan nafas yang panjang.

“Dengan begitu, prokes tidak bisa dihilangkan. Selain itu, peralatan testing PCR dan lab bio safety level-2 harus ada di semua provinsi, sehingga waktu pengujiannya cepat,” pungkas Politisi dapil Banten III ini.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan Covid-19 akan berubah menjadi . Artinya Indonesia akan menghadapi persebaran Covid-19 dalam jangka waktu lama.

Karena itu pemerintah berupaya menyusun anggaran yang disesuaikan dengan upaya penanggulangan endemi tersebut.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here