Friday, 19 April 2024
HomeBeritaPenjelasan BMKG Terkait Rentetan Gempa di Gunungkidul

Penjelasan BMKG Terkait Rentetan Gempa di Gunungkidul

Bogordaily.net – Rangkaian bumi terjadi di wilayah barat daya di Kabupaten Gunungkidul. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, setidaknya terjadi 17 bumi dengan magnitudo di bawah 5.0

Kepala Stasiun Geofisika BMKG DIY, Ikhsan mengatakan, rangkaian bumi tersebut terjadi mulai 05.15 pada 10 Agustus sampai 12.57 pada 11 Agustus 2021. Magnitudo bumi berkisar 2,6-4,2, dengan kedalaman rata-rata 10 kilometer.

“Berdasarkan data tersebut rentang magnitudo masih dalam kategori kecil dan tidak berpotensi tsunami,” kata Ikhsan, seperti dikutip dari Republika, Rabu (11 Agustus 2021).

Ia menerangkan, bumi itu terjadi akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bagian bawah lempeng Eurasia.

Ini menyebabkan adanya pelepasan energi yang merambat ke permukaan sebagai bumi.

Ikhsan meminta masyarakat agar tidak panik dan tetap meningkatkan kesiapsiagaan dan tidak mudah terpancing informasi yang belum terkonfirmasi.

Hingga kini, belum ada negara yang memiliki teknologi memprediksi bumi.

Baik waktu kejadian, lokasi dan seberapa besar kekuatan bumi terjadi. Rangkaian bumi tersebut tidak dirasakan tapi tercatat jaringan sensor seismograf BMKG yang memonitor gempa bumi untuk wilayah DIY dan sekitarnya.

“Masyarakat agar jangan panik dan tetap tenang, selalu perbarui informasi dari kanal-kanal BMKG seperti website, aplikasi Android Infobmkg dan WRS BMKG,” ujar Ikhsan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here