Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalPeserta Prakerja Dapat Rp 3,5 Juta, Begini Cara Pencairannya

Peserta Prakerja Dapat Rp 3,5 Juta, Begini Cara Pencairannya

Bogordaily.net masih terus dijalankan pemerintah, hingga kini sudah ada 18 gelombang yang dibuka. Satu gelombang baru dibuka pendaftarannya, baru saja membuka pendaftaran gelombang 19 kemarin.

Salah satu keuntungan ikut adalah peserta akan mendapatkan manfaat sebesar Rp 3.550.000 dan juga pelatihan kerja plus sertifikasi. Uang tersebut diberikan berupa biaya pelatihan, insentif pelatihan, dan insentif pengisian survey.

Bila seseorang berhasil lolos seleksi dan menjadi peserta maka manfaat sebesar Rp 3.550.000 dipastikan akan didapatkan.

Berikut ini alur pencairannya:
1. Biaya Pelatihan Rp 1 Juta
Biaya pelatihan adalah manfaat yang diberikan kepada peserta untuk melakukan pelatihan-pelatihan kerja yang ada di platform Prakerja. Jumlah manfaatnya sebesar Rp 1 juta.

Peserta bisa memilih pelatihan lebih dari sekali, asalkan jumlah biaya pelatihan masih ada. Misalnya, pelatihan pertama seharga Rp 500 ribu, sisa biaya pelatihan sebesar Rp 500 ribu bisa digunakan untuk pelatihan lainnya.

“Jika kamu lolos menjadi penerima , maka manfaat bantuan pelatihan adalah sebesar Rp 1.000.000,” tulis keterangan , dilansir dari website resminya, Jumat 27 Agustus 2021.

Biaya pelatihan tidak diberikan secara tunai. Pengecekan jumlah biaya pelatihan bisa dilakukan di dashboard profil milik para peserta.

2. Insentif Pelatihan Rp 2,4 Juta
Nah bila sudah menjadi peserta penerima manfaat lainnya yang akan diberikan adalah insentif pelatihan sebesar Rp 600 ribu per bulan yang diberikan selama 4 bulan. Totalnya, peserta dapat menerima insentif sebesar Rp 2,4 juta.

Tapi insentif ini tidak akan otomatis cair bila peserta yang sudah lolos pendaftaran tidak melakukan pelatihan. Minimal peserta harus menyelesaikan pelatihan pertama terlebih dahulu dari awal sampai selesai untuk mendapatkan insentif selama 4 bulan.

“Insentif hanya diberikan kepada pemegang yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama,” tulis keterangan Kartu Prakerja.

Rinciannya, peserta harus menyelesaikan satu pelatihan dan mendapatkan sertifikat. Kemudian peserta juga memberikan ulasan (review) dan penilaian (rating) terhadap pelatihan di dashboard masing-masing.

Insentif akan dicairkan melalui e-wallet atau nomor rekening bank yang didaftarkan para peserta. Maka dari itu, peserta juga harus memastikan e-wallet atau rekeningnya telah terdaftar.

“Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait,” tulis keterangan Kartu Prakerja.

Nantinya, peserta akan mendapatkan penjadwalan pencairan tiap bulannya di dashboard profil Kartu Prakerja bila semua syarat pelatihan telah terpenuhi. Pencairan insentif ke rekening atau e-wallet akan membutuhkan waktu 3-5 hari kerja sejak tanggal penjadwalan insentif muncul di dashboard akun kamu.

3. Insentif Survei Rp 150 Ribu
Manfaat tambahan yang akan didapatkan peserta Kartu Prakerja adalah insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp 150 ribu.

Survei dilakukan selama 3 kali, per survei akan cair Rp 50 ribu. Survei akan dijadwalkan 30 hari setelah insentif pelatihan yang pertama cair.

“Setelah mendapat insentif, kamu harus mengisi 3 (tiga) survei evaluasi sesuai jadwal yang tersedia di dashboard kamu,” tulis keterangan Kartu Prakerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here