Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaSiap-Siap! Vaksin Pfizer Tiba di Indonesia untuk Masyarakat Umum Jabodetabek

Siap-Siap! Vaksin Pfizer Tiba di Indonesia untuk Masyarakat Umum Jabodetabek

Bogordaily.net Pfizer dengan merek COMIRNATY yang telah tiba di Indonesia nantinya didistribusikan bagi masyarakat umum yang belum pernah menerima vaksin Covid-19 sebelumnya secara gratis.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) drg. Widyawati mengatakan prioritas pemberian ke wilayah dikarenakan sistem logistik yang kompleks, karena membutuhkan penanganan dan penyimpanan yang khusus di dalam tempat dengan suhu yang sangat rendah antara -90 hingga -60 derajat Celcius.

ini harus disiapkan oleh petugas kesehatan yang sudah dilatih menggunakan teknik tertentu dalam menangani rantai dingin, termasuk cara mencairkan dan mengencerkan sebelum disuntikkan,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (21 Agustus 2021).

Widyawati mengatakan bahwa sebanyak 1.560.780 juta dosis Pfizer tiba di Indonesia pada Kamis (19 Agustus 2021) lalu melalui skema pembelian langsung.

Secara bertahap, 50 juta Pfizer akan tiba di Indonesia tahun ini melalui skema tersebut

“Jumlah tersebut tidak termasuk Pfizer yang akan didapatkan secara gratis melalui skema GAVI/Covax sebesar 4,6 juta dosis dalam beberapa pekan ke depan,” ujarnya

Pfizer telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM pada 14 Juli 2021, sehingga bisa langsung disuntikkan kepada masyarakat.

Ia menambahkan,  terdapat enam jenis yang digunakan di Indonesia untuk melawan virus Covid-19, yaitu vaksin Coronavac, vaksin jadi buatan Sinovac asal Tiongkok.

Vaksin Covid-19, vaksin produksi Bio Farma dengan bahan baku dari Sinovac, vaksin AstraZeneca asal Inggris, vaksin Moderna dan Pfizer asal Amerika Serikat.

“Meski banyak jenis vaksin di Indonesia, Widyawati menghimbau masyarakat untuk tidak pilih-pilih vaksin, karena pemerintah sudah menjamin keamanan dan khasiat dari vaksin Covid-19 yang digunakan saat ini. Semuanya aman dan berkhasiat dan segera lakukan vaksinasi,”***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here