Friday, 19 April 2024
HomeBeritaSimak Nih, Daftar Produk Rempah Alam Indonesia yang Mendunia

Simak Nih, Daftar Produk Rempah Alam Indonesia yang Mendunia

Bogordaily.net – Selain memiliki kekayaan keindahan alam, Indonesia juga dikenal dengan banyaknya - yang menjadi warisan budaya. Mulai dari hingga .

Berdasarkan data Negeri Rempah Foundation, tercatat ada 400-500 spesies rempah, dan dari 275 itu di antaranya berada di Asia Tenggara yang di dominasi oleh Indonesia. Julukan untuk Indonesia sendiri menjadi Mother of Spices.

Seperti yang dilansir dari laman Instagram kementerian pertanian. Sejumlah kawasan di Indonesia seperti Jambi, pulau Jawa, Kalimantan Tengah dan Timur, Maluku, NTT hingga Papua.

Berikut beberapa daftar rempah yang menjadi andalan ekspor Indonesia.

biasanya ditemui di beberapa masakan hingga minuman hangat. Rempah ini berasal dari Ternate dan Tidore yang berada di Kepulauan Maluku. saat ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Si kecil yang berbentuk biji dan bercita rasa pedas ini mempunyai nama latin Piper Nigrum Linn. Rempah ini diperkirakan berasal dari India.

Namun, ternyata tanaman ini banyak tersebar di wilayah Indonesia. Seperti Aceh, Jambi, Kalimantan,Lampung, Sumatera hingga Yogyakarta.

dengan ciri khas rasa pedas dan biasanya digunakan untuk bahan makanan, obat hingga permen.

Tanaman ini dikenal dengan ciri khas warna yang dikeluarkan yaitu warna kuning.

Tanaman ini tumbuh cukup banyak di berbagai wilayah Asia Tenggara. Indonesia menjadi salah satu negara penghasil terbaik.

Tanaman ini selain digunakan sebagai rempah-rempah juga bisa digunakan sebagai penghasil minyak astiri.

Tanaman ini merupakan tanaman khas Banda dan Maluku, banyak tersebar di daerah Timur Indonesia.

Rempah ini mempunyai aroma yang sangat harum. Biasanya rempah ini dijumpai di berbagai macam kue atau minuman.

Sebenarnya, tanaman ini berasal dari Meksiko. Namun, di Indonesia juga sudah banyak dibudidayakan. Terutama di wilayah Barat dan Tengah Indonesia.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here