Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSimak Yuk, Ini Manfaat Tertawa yang Mungkin Belum Diketahui

Simak Yuk, Ini Manfaat Tertawa yang Mungkin Belum Diketahui

Bogordaily.net – Tertawa sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Umumnya tertawa sebagai ekspresi kegembiraan, kebahagiaan atau bahkan kelucuan.

Mungkin banyak yang belum tahu, tertawa memiliki banyak manfaat. Sejumlah studi menunjukkan tertawa bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah manfaat tertawa bagi kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber:

<• Mengurangi

Banyaknya permasalahan dalam hidup tak jarang membuat . Dilansir dari Indiatimes, salah satu cara mengurangi dengan memperbanyak tertawa.

Menemui teman atau orang yang memiliki selera tinggi bisa membuat lebih banyak tertawa.

<• Menurunkan tekanan darah

Tekanan atau hipertensi merupakan salah satu efek samping dari . Dikutip dari Mental Floss, studi pada 2017 menyebutkan tertawa bisa menurunkan tekanan darah. Hasil studi ini dimuat dalam Journal of Dental and Medical Research.

Studi lainnya pada 2011 yang dimuat dalam American Heart Association Scientific Sessions juga menunjukkan hal yang sama.

<• Memperlambat penuaan

Tertawa bisa memperlampat proses penuaan dengan cara meningkatkan kadar endorphin dalam tubuh. Karena itu, orang yang suka tertawa terlihat jauh lebih muda dari usia sebenarnya.

<• Lebih

Sering tertawa bisa mengurfangi dan ketegangan. Tertawa merupakan salah satu cara untuk menyegarkan otak. Dengan otak yang segar akan menjadi lebih .

<• Menurunkan kecemasan

Studi terapi tertawa pada 1990 dilakukan terhadap 53 pelajar sekolah. Hasil studi ini kemudian dipublikasikan dalam Psychological Reports.

Terapi tertawa bisa menurunkan kecemasan pada pasien parkinson, mengurangi kecemasan dan depresi pada mahasiswa keperawatan, meningkatkan optimisme, harga diri dan mengurangi depresi pada wanita menopause.

Sementara penulis Bernard Saper melihat dari sisi psikologis. Menurut Bernard kemampuan mempertahankan rasa dan juga tertawa bisa membantu seseorang melewati masa sulit.

<• Anti-depresan

Tertawa juga bisa membantu meringankan gejala depresi, terutama bagi orang lanjut usia (lansia) atau orang yang dirawat di rumah sakit dalam waktu lama dan penyakit berat.

Studi pada tahun 2015 yang dipublikasikan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menyebutkan tiga kali 60 menit terapi tertawa bisa menurunkan depresi dan mood negatif dari pasien kanker.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here