Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaTerdengar Suara Gemuruh Sebelum Warga Sukabumi Diguncang Gempa

Terdengar Suara Gemuruh Sebelum Warga Sukabumi Diguncang Gempa

Bogordaily.net – Warga Sukabumi mendengar suara . Suara tersebut terdengar sebelum mengguncang sekitar pukul 05.41 WIB, Rabu (4 Agustus 2021).

yang terjadi berkekuatan 2.4 magnitudo tersebut dirasakan sejumlah warga di Kecamatan Cireunghas dan Kebon pedes.

Ini menjadi ketiga yang terjadi dalam waktu berdekatan, setelah pada 30 Juli dan 31 Juli 2021.

Ridwan Hidayat (42 tahun), warga Kampung Cilangla, Desa dan Kecamatan Cireunghas, ikut merasakan getaran pagi tadi, meski tidak terlalu besar.

“Terdengar suara , kemudian ada guncangan meski tidak besar. Tapi lumayan kaget,” katanya, seperti dikutip dari Suara, Rabu (4 Agustus 2021).

Dari laporan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau Wilayah II Tangerang Selatan Hendro Nugroho yang diunggah akun Facebook Bandung.

Pusat gempa berada pada koordinat 6.92 Lintang Selatan dan 107.02 Bujur Timur, tepatnya di darat berjarak 9 kilometer Tenggara Kota Sukabumi dengan kedalaman 4 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis Gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri,” tulis laporan itu.

Berdasarkan peta tingkat guncangan (Shakemap) dan laporan masyarakat, Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga pukul 05:52 WIB, hasil monitoring , belum menunjukkan adanya aktivitas Gempa bumi susulan.

Sebelumnya, Gempa dari aktivitas yang sama alias Sesar Cimandiri segmen Nyalindung juga terjadi pada Jumat, 30 Juli, pukul 11:59:06 WIB dengan 2.6 magnitudo. Kemudian Sabtu, 31 Juli 2021 pukul 06:09:42 WIB, berkekuatan 3.1 magnitudo.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here