Friday, 29 March 2024
HomeBeritaTurun 8,2 Persen Angka Kematian Akibat Covid-19 dalam Sepekan

Turun 8,2 Persen Angka Kematian Akibat Covid-19 dalam Sepekan

Bogordaily.net – Ketua Bidang Data Dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah melaporkan data angka akibat Covid-19 di Tanah Air dalam sepekan terakhir sudah mengalami penurunan yakni 8,2 persen.

“Jadi kita kemarin sudah melihat bahwa di bulan Juli sampai dengan akhir Juli masih terlihat adanya peningkatan . Pada pekan terakhir ini terjadi penurunan angka mingguan turun minus 8,2% dibandingkan angka akibat Covid-19 pada pekan sebelumnya,” ungkap Dewi secara virtual, seperti dilansir dari Okezone, Kamis (12 Agustus 2021).

Dewi mengatakan ada lima provinsi yang menjadi penyumbang tertinggi selama seminggu terakhir.

“Kita mau lihat siapa sih penyumbang angka tertinggi, kenaikannya mana sih kenaikan tertinggi itu terjadinya di mana. Kalau kita lihat level Provinsi Kalimantan Selatan ini angka kematiannya seminggu terakhir naik dua kali lipat. Sebelumnya dalam seminggu jumlah 126 pekan terakhir naik jadi 258.”

“Kemudian peringkat kedua ke Jawa Tengah naik 4,1% tapi secara angka lumayan besar gitu. Kemudian yang ketiga adalah Riau naik 23,2%. Sumatera Utara ini juga naik angka kematiannya 41,5%. Kepulauan Bangka Belitung naik 34,4%. Tapi secara angka tidak terlalu tinggi, kenapa? Karena dalam sepekan terakhir trennya sudah mulai turun,” paparnya.

Dewi menjelaskan dari evaluasi mingguan, angka dari 29 Juli sampai 4 Agustus 2021 di angka 11.977 orang meninggal.

“Tapi kita evaluasi lagi secara pekanan, terakhir kita bahas per 4 Agustus nih kita lihat jumlah mingguan ada berapa. Nah kalau kita lihat angkanya dari tanggal 1 Juli sampai dengan 4 Agustus, ini masih naik terus. Dimana angka kematian dalam seminggu terakhir per tanggal 29 Juli sampai 4 Agustus itu di angka 11.977,” katanya.

Namun, pada pekan selanjutnya yakni 5 sampai 11 Agustus terjadi penurunan menjadi 11.562 orang meninggal dalam sepekan. Dan rata-rata angka kematian harian di angka 1.652 orang meninggal sehari.

“Pekan selanjutnya lagi tanggal 5 sampai 11 Agustus sudah mulai turun, tapi turun masih sedikit nih. Tapi sudah ada penurunan dan kita berharap pekan depan dapat lebih turun lagi. Seminggu ini masih 11.562 dengan rata-rata angka kematian harian di angka 1.652. Jadi tren sudah mulai ada penurunan di pekan terakhir yang kita lihat tanggal 5 sampai 11 Agustus,” papar Dewi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here